06/10/2022

PPMI CENTRE – Konfederasi Serikat Buruh Merdeka

Berani, Jujur, Amanah, Alloh Ridho

Omnibus Law Akan Sangat Menentukan Kesejahteraan dan Masa Depan Rakyat Indonesia..??

Pada acara dialog “Mata Najwa” dengan jelas Machfud MD mengatakan bahwa Omnibus Law akan merangkum 83  hukum dan perundang-undangan yang terdiri dari 2507 pasal. Dari sejumlah pasal sebanyak itu akan dipadatkan hanya menjadi 174 pasal saja. Artinya bisa segera dibayangkan dari 2.500 halaman lebih himpunan hukum dan perundang-undangan itu akan segera disahkan dalam waktu dekat. DPR RI pun sudah diserbu oleh berbagai pihak yang merasa berkepentingan pada racikan yang ada dalam Omnibus Law itu.

Masalah tawaran bantuan Amerika Serikat pada penyelesaian masalah Laut Natuna sempat dipaparkan juga oleh Machfud MD yang merasa pernyataan dipiuhkan oleh para jurnalis dengan sepotong-sepotong sehingga ketika penolakannya pada bantuan Amerika Serikat itu menjadi terkesan lain. Yang menarik Machfud MD mengakui dulu sebelum masuk ke pemerintahan banyak mengeritik pada pemerintah  Sekarang dan setelah masuk dalam kabinet pemerintahan saat ini  Anda semua boleh mengkritik saya, kata Alumni UII dan Guru Besar di almamaternya dengan gayanya yang lugu dan khas. Pendek kata, sepanjang kritik itu obyektif dan rasional serta memberi solusi dia berjanji akan menerimanya.

Artinya dia pun tidak menampik keberpihakannya pada RUU Omnibus Law yang tengah menjadi topik pembicaraan banyak pihak, mengingat cakupannya akan memeras 83 hukum atau perundang-undangan yang sangat dikhawatirkan oleh banyak pihak bisa menambah kekisruhan perburuhan di Indonesia. Pada intinya buruh dan serikat buruh siap mendukung pemberlakuan Omnibus Law sepanjang tidak merugikan buruh dan memperlemah posisi serikat buruh dalam mendampingi, membela dan memperjuangkan hak-hak kaum buruh.

Investasi boleh saja masuk asal tidak menggusur dan merugikan rakyat, termasuk hak dan kepentingan buruh Indonesia. Sebab 132 juta buruh dan angkatan kerja di Indonesia merupakan potensi yang tidak boleh diabaikan. Karena bila kaum buruh makin miskin dan menderita, itu berarti penganiayaan bagi mayoritas rakyat Indonesia. Itulah sebabnya idealisme serikat buruh gigih membela buruh, karena esensinya adalah membela rakyat banyak yang terbilang mayoritas jumlahnya.

Cikunir, 30 Januari 2020. Oleh Jacob Ereste

About Post Author