29/09/2022

PPMI CENTRE – Konfederasi Serikat Buruh Merdeka

Berani, Jujur, Amanah, Alloh Ridho

Jacob Ereste : Kebersamaan Menjaga Tatanan Hidup dan Kehidupan Yang Harmoni

Egosentrisitas personal, kelompok maupun suatu blok yang masih terus beranggapan paling benar, paling baik dan paling-paling yang lain menjadi awal dari pengkotak-kotakan sehingga niat baik, tujuan baik dan keinginan yang baik itu kehilangan essensinya yang murni dan tulus serta mulia untuk dan demi kepentingan bersama orang banyak.

Gerakan dan aktivitas nyaris semua elemen menjadi kabur dan hilang daya hentaknya untuk mengedor perhatian dan simpati maupun dukungan berbagai pihak, akibat menapikan peranan pihak lain.

Jumlah partai politik yang banyak, bilangan organisasi buruh yang riuh jumlahnya itu bisa menjadi contoh terpecahnya tujuan mulia yang diusung untuk kemaslahatan bersama seluruh warga bangsa atau umat manusia yang menjadi bagian dari tanggung jawab sosial kita.

Apalagi untuk lembaga sosual masyarakat (LSM) yang kebih bersifat personal atau yang hanya dikendalikan oleh segelintir orang semakin menambah kericuhan masalah semakin melebar dan sulit diatasi. Begitu juga bagi saudara kita yang terkurung dalam romantisme kelompok atau pun organisasi keagamaan, jika tidak bijak bisa menambah rentan perpecahan ikatan persaudaraan kita.

Saran dari seorang kawan yang arief menganjurkan agar lebih baik menahan diri untuk tidak masuk wilayah agama yang lebih privat sifatnya itu. Untuknya di wilayah keagamaan ini cukup dominan tokoh-tokoh yang bijak dan gigih serta tekun dengan penuh kesadaran membimbing umat tanpa pamrih untuk menjalani hidup dan penghidupan secara baik dan benar sesuai tuntunan agama masing-masing tanpa perlu mengusik keyakinan orang lain.

Agaknya sungguh tidaklah berlebih jika sikap dan sifat yang menganjurkan untuk tetap menjalankan syariat sesuai dengan keyakinan dan kepercayaan kita masing-masing itu menjadi pegangan dalam upaya menjaga tatanan yang harmoni dalam kebersamaan hidup kita di bumi.
Cikunir, 10 Februari 2020

About Post Author