28/09/2022

PPMI CENTRE – Konfederasi Serikat Buruh Merdeka

Berani, Jujur, Amanah, Alloh Ridho

Sejumput Persembahan Jaya Samantha Jelang MILAD PPMI Ke XXII dan RAKORNAS PPMI, Maret 2020 di Palembang

PPMI Centre – Jakarta | Puji Syukur AlhamduliLLAH Yaa Alloh Yaa Robbul’alamiiin, PPMI (Persaudaraan Pekerja Muslim Indonesia) tak terasa tanggal 3 maret  2020 yang akan datang telah berusia 22 tahun. PPMI di Deklarasikan Pada Tanggal 3 Maret 1998 di Bogor.

PPMI didirikan “ATAS INISIASI/Gagasan” dari Ayahanda Tercinta, Almarhum Bapak Ibrahim Madilaw yang biasa dipanggil “Pak Bram”. Gagasan ini oleh Alm. Pak Bram disampaikan pada bulan Syawal 1417 H atau tahun 1997 M yang lalu, saat saya dan Dr H Eggi Sudjana SH MSi bersilaturrohiim lebaran di rumah beliau kawasan Tebet Jaksel.

Kami bertiga (Alm. Pak Bram, Eggi dan saya) diskusi tentang perlunya ada organisasi/ serikat pekerja “MUSLIM” di  Negara Republik Indonesia. Diskusi hal ini berlangsung dari sebelum waktu sholat/adzan Ashar hingga adzan subuh.  Perbincangan kami hanya terhenti saat sholat dan makan malam.

Sesungguhnya Organisasi serikat pekerja dan serikat buruh Muslim sudah ada saat ORDE LAMA. Namun ketika ORBA berkuasa maka rasanya nyaris seluruh organisasi apapun harus ditunggalkan dan berazas tunggal antara lain seperti  PWI, PGRI, SPSI dan lain sebagainya. Maka semua serikat pekerja dan buruh (muslim, marhaen dll) harus melebur ke dalam SPSI bentukan ORBA.

Jadi PPMI sudah bergiat sejak bulan Syawal 1417 H atau 1997 M dan AlhamduliLLAH sahabat – sahabat PPMI di beberapa daerah (Surabaya DPW Jatim, Makasar DPW Sulsel, Kaltim, Sumut, Jabar dll) sudah aktif sejak tahun 1997. Saya sendiri adalah Ketum DPW PPMI Jabodetabek yang pertama hingga tahun 2000. Sebagaimana dengan Komunitas-komunitas Muslim yang ada (PonPes, Ulama dll) selalu di “hantam” dengan berbagai bentuk intimidasi, teror, fitnah, pecah belah (Devide et Impera) dan lain sebagainya tentu saja PPMI pun juga tak pernah sepi menerima hantaman makar-makar dari KAUM ISLAMOPHOBIA tersebut.

Alhamdulillah akhirnya PPMI di deklarasikan pada Tanggal 3 Maret 1998 di Mushollah dekat kediaman Ir. Imbang Jaya di Bogor dan segera melaksanakan Muktamar Pertama pada tanggal 3 – 5 Juli 1998 di Asrama Haji Pondok Gede dengan mengesahkan  AD ART PPMI yang disusun oleh Dr.Ir.H. Muhammad Nuskhi, MSi dan Dr. H. Hamdan Zoelva, SH. MH sebagai organisasi serikat pekerja yang berazaskan Islam, selanjutnya dalam Muktamar Pertama PPMI  Terpilih Dr. H. Eggi Sudjana, SH.MSi Sebagai Ketua Umum dan Deni Daruri sebagai Sekretaris Jenderal serta KH. Syahroji dari Banten sebagai Ketua Dewan Syuro DPP PPMI Periode 1998 – 2002

Catatan : Muhammad Nuskhi adalah Cucu dari Ki Bagus Hadi Kusumo (Panitia 9 Perumus UUD ’45 dan Ketum Muhammadiyah 2 periode).

MILAD PPMI Ke XXII MUBAROK, Semoga PPMI tambah bermanfaat bagi Nusa, Bangsa dan Negara.

About Post Author