30/09/2022

PPMI CENTRE – Konfederasi Serikat Buruh Merdeka

Berani, Jujur, Amanah, Alloh Ridho

Peran Penting Perempuan dalam Serikat Pekerja Oleh Auliana Hakim. SH

PPMI – Informasi | Kelembutannya dan Kekuatannya begitu kira-kira yang terlintas di benak saya sejak hari pertama saya berjumpa muka, jumpa pemikiran dan jiwa. Peran serta perempuan dalam berpartisipasi aktif di organisasi serikat pekerja turut mewarnai dinamika gerakan ini, tidak hanya menjadi perwakilan sebagai pengurus di tingkat lokal perusahaan, nasional, bahkan internasional lebih dari itu pengurus pekerja perempuan juga merupakan perpanjangan tangan anggota dalam mewakili aspirasi – aspirasi pekerja perempuan khususnya dan pekerja perempuan seluruh Indonesia umumnya.

Saya sangat senang, bertemu dan berinteraksi langsung dengan perempuan – perempuan yang luar biasa, sebab selain harus berperan sebagai seorang aktivis pekerja perempuan yang menyandang posisi struktural di tingkat lokal hingga internasional, para perempuan hebat ini juga merupakan seorang Istri, Ibu dan sebagiannya ada yang sedang menempuh kegiatan perkuliahan/mahasiswi. Hal inilah yang kemudian menjadikan mereka begitu luar biasa di mata saya, apresiasi kata luar biasa, barangkali tidak cukup me-representasikan, hati saya haru biru melihat semangat juang dan militansi yang kental dalam momentum ini.

Betapa momentum elaborasi ini begitu berharga bagi saya, sebab sebagai seorang pembelajar terjun secara langsung merupakan hal yang sangat penting dalam memahami realitas kondisi pekerja/buruh perempuan, sekaligus menjadi proses Aktualisasi diri dalam implementasi “Terbinanya Insan Akademis, Pencipta, Pengabdi yang Bernafaskan Islam dan Bertanggungjawab atas Terwujudnya Masyarakat Adil, Makmur yang Diridhoi Allah SWT.

Merujuk pada teori Durkheim penganut positivism, bahwa perubahan sosial terjadi karena sebuah evolusi dalam mempengaruhi cara pengorganisasian masyarakat khususnya dalam hubungan kerja. Teori tersebut membuat saya menyimpulkan bahwa Durkheim meletakkan perubahan sosial pada kekuatan kelompok yang terorganisir, hal ini juga menjadi konfirmasi terhadap realitas bahwa serikat pekerja adalah satu dari sedikit lembaga sosial yang secara potensial mampu mendorong peningkatan kesetaraan dan keadilan sosial, khususnya melalui peran yang dimainkan dalam mengorganisir kekuatan kolektif serta strategi yang mereka terapkan di dalam suasana demokrasi sebagai kekuatan pengimbang kapitalisme.

YAKUSA!!!
Yakin Usaha Sampai
Terus Belajar Meski Tak Kunjung Pandai

About Post Author