26/09/2022

PPMI CENTRE – Official Website

Media Online / Informasi Persaudaraan Pekerja Muslim Indonesia

Hadapi Virus Corona Inggris Tanggung 80% Gaji Karyawan Swasta

PPMI Centre | Menteri Keuangan Inggris Rishi Sunak mengumumkan kebijakan terobosan yang baru pertama kali ini diambil, yaitu membantu perusahaan-perusahaan swasta menggaji karyawan mereka di tengah wabah Covid-19 saat ini.

Insentif pemerintah mencakup 80 persen gaji pekerja swasta, diterapkan selama tiga bulan dan dapat diperpanjang, berlaku surut sejak 1 Maret lalu, berlaku untuk setiap perusahaan yang ada di negara tersebut, dan berlaku juga untuk wiraswastawan.

Banyak perusahaan meliburkan karyawan atau menghentikan sementara aktivitas mereka karena larangan berkumpul untuk mencegah penularan virus tersebut. Kebijakan yang disebut Coronavirus Job Retention Scheme (skema mempertahankan pekerjaan di tengah wabah virus corona) ini diumumkan oleh Sunak, Sabtu (21/3/2020) waktu setempat.

Artinya para karyawan tetap bisa mempertahankan pekerjaan mereka, bahkan meskipun perusahaan tidak mampu menggaji mereka lagi

“Perusahaan bisa menghubungi HMRC (dinas pendapatan dan bea) untuk mendapatkan hibah guna menyokong sebagian besar gaji orang-orang yang sedang tidak bekerja karena diliburkan tetapi tetap masuk daftar gaji, daripada mereka dipecat,” kata Sunak.

Hibah pemerintah akan mencakup 80 persen gaji karyawan yang dipertahankan perusahaan, dengan ketentuan besaran gaji maksimal hingga 2.500 pound (Rp 47 juta) per bulan.

“Itu artinya para karyawan tetap bisa mempertahankan pekerjaan mereka, bahkan meskipun perusahaan tidak mampu menggaji mereka lagi,” ujarnya.

“Saya tidak menerapkan batasan pada jumlah dana yang tersedia untuk kebijakan ini,” tegasnya.

Sunak juga memperpanjang insentif pinjaman tanpa bunga dari semula enam bulan menjadi satu tahun dalam program khusus terkait wabah virus corona ini. Fasilitas pinjaman tersebut akan mulai diberlakukan Senin nanti.

Sejumlah kebijakan lainnya akan diumumkan pekan depan untuk membantu perusahaan skala besar dan menengah dalam mendapat akses kredit. Sunak juga akan menunda penagihan pajak pertambahan nilai (PPN) hingga satu kuartal ke depan.

“Artinya, tidak ada perusahaan yang akan membayar PPN mulai sekarang hingga akhir Juni nanti dan Anda akan punya waktu hingga akhir tahun fiskal sekarang untuk melunasi tagihannya nanti,” jelasnya.

“Itu senilai dengan suntikan dana tunai lebih dari 30 miliar pound ke dunia usaha, setara 1,5 persen dari PDB.”

Sumber : https://www.beritasatu.com/dunia/611521/dunia/dunia/611521-pemerintah-inggris-bantu-bayar-80-gaji-karyawan-swasta

About Post Author