25/09/2022

PPMI CENTRE – Official Website

Media Online / Informasi Persaudaraan Pekerja Muslim Indonesia

Ribuan Pekerja Migran Pulang via Pelabuhan Dumai, Malaysia Lockdown..!!

PPMI CENTRE – KUALALUMPUR MALAYSIA | Ribuan Pekerja Migran Indonesia (PMI) akan pulang dari Malaysia karena negeri jiran tersebut memberlakukan kebijakan penutupan atau lockdown akibat pandemi Covid-19. Pelabuhan Dumai akan menjadi lokasi kedatangan TKI tersebut. “Jumlahnya saya belum tahu pasti, tapi kapasitas satu kapal di Dumai berkisar 200-300 (orang) satu hari. Tapi ini akan tiap hari karena sekarang kewalahan di Karimun. Di sana sampai ribuan. Ini kita saatnya bantu saudara-saudara kita,” kata Gubernur Riau, Syamsuar di Pekanbaru, Rabu (25/3).

Otoritas Malaysia secara resmi memberlakukan perintah pengendalian pergerakan atau movement control order (MCO) mulai Rabu (18/3) hingga 31 Maret di seluruh wilayahnya dan kemungkinan akan diperpanjang sampai tanggal 19 April 2020, “PMI (Pekerja Migran Indonesia) di Malaysia masih banyak yang bekerja untuk kebutuhan sehari-hari, artinya satu hari tidak bekerja maka tidak bisa memenuhi kebutuhan hidupnya. PMI di Malaysia tidak takut virus Covid-19, tetapi yang paling ditakutkan adalah virus kelaparan, tapi kita harus taat dan patuh dengan kebijakan Pemerintah Malaysia” Kata Awaluddin Rambe Ketua Umum DPLN PPMI Malaysia Via WhatsApp.

Kami harapkan untuk sementara kepada Para Calon Pekerja Migran Asal Indonesia untuk tidak datang ke Malaysia karena saat ini pun sudah banyak PMI asal Indonesia yang pulang ke tanah air via Dumai karena virus corona dan situasi lockdown di Malaysia saat ini, Jelas Sadri Rifai Sekum DPLN PPMI Malaysia

Demikian juga informasi dari Daeng Mahmud selaku Wakil Ketua DPLN PPMI Malaysia menyampaikan kepada seluruh PMI khususnya Anggota PPMI di Malaysia agar mematuhi semua aturan yang dikeluarkan oleh Pemerintah Malaysia dan KBRI selama Malaysia melaksanakan Lockdown. Selama Lockdown kami dirumah saja mematuhi himbauan pemerintah Malaysia, Kami tidak bisa kemana-mana selain itu, ketat lagi pengawasannya dari polis diraja Malaysia jadi kami harapkan agar Pekerja Migran Indonesia (PMI) dirumah saja sambil menunggu informasi lebih lanjut dari Pemerintah Malaysia dan KBRI, Jalan di sekitar Kuala Lumpur sepi seolah-olah tidak berpenghuni selama masa lockdown ini berlangsung, jelas Daeng Mahmud Via WhatsApp kepada PPMI Media Center

Gubernur Riau mendapat telepon dari Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian pada Selasa (24/3) malam yang memerintahkan agar Riau mempersiapkan Pelabuhan Dumai untuk kedatangan pekerja migran Indonesia dari Malaysia. Dengan begitu, kepulangan ribuan TKI tidak lagi menumpuk di Pelabuhan Tanjung Balai Karimun, Provinsi Kepulauan Riau. Pemulangan pekerja migran Indonesia melalui Pelabuhan Dumai diharapkan bisa secepatnya. Karena itu Gubernur Riau akan terus berkonsultasi dengan Menteri Dalam Negeri dan berkoordinasi dengan Wali Kota Dumai. “Kapan waktunya? Inilah nanti perlu kita sampaikan ke wali kota apakah besok bisa. Kalau bisa, maka mulai besok,” ujarnya. Setiap WNI yang baru turun dari kapal di Pelabuhan Dumai wajib dicek suhu badannya, dan wajib mengisi kartu kewaspadaan kesehatan (HAC) oleh Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) bersama dinas kesehatan. Mereka diminta untuk tidak berkeliaran dan mengisolasi diri selama minimal 14 hari karena bisa saja berpotensi membawa ataupun tertular Virus Korona dari Malaysia.

About Post Author