26/09/2022

PPMI CENTRE – Official Website

Media Online / Informasi Persaudaraan Pekerja Muslim Indonesia

Idrus Haddado : DPP PPMI Mendesak Pemerintah Segera Berlakukan Karantina Wilayah

PPMI CENTRE | Ketua Bidang Ekonomi dan Kesejahteraan DPP PPMI yang juga merangkap sebagai Ketua Umum DPW PPMI Sulawesi Tengah Idrus Haddado mendesak Pemerintah Pusat, segera menerbitkan Peraturan Pemerintah (PP) terkait Karantina Wilayah. Idrus berpendapat, PP tersebut sangat diperlukan agar Undang-Undang (UU) Nomor 6 Tahun 2018 dapat segera diimplementasikan khususnya Pasal 55 Tentunya harus diikuti dengan Pemenuhan Kebutuhan Pokok Hidup Rakyat Indonesia sebagaimana yang diatur dalam UU no 06 tahun 2018 Tentang Karantina Kesehatan pasal 55. Tidak ada alasan lagi bagi Pemerintah Pusat lagi untuk menunda-nunda pemberlakuan Karantina Wilayah untuk menahan laju penyebaran virus corona dengan ini PPMI Mendesak dan Meminta Pemerintah Pusat nyatakan STATUS Karantina Wilayah diseluruh NKRI, tegasnya

“Selain itu kita semua berharap, segera terbit peraturan pemerintah secepatnya. Dengan begitu, kita bisa melangkah lebih maju dalam mengatasi virus corona yang semakin mengancam ini,” ujar Idrus dalam keterangan Via WhatsApp ke Pimred, Sabtu (28/3/2020).

Sebab, kata Idrus, sudah ada beberapa wilayah dan daerah yang saat ini yang sudah mencoba melaksanakan karantina wilayah (lockdown) karena dalam UU 06 Tahun 2018 tidak ada Istilah Lockdown. Namun teknis pelaksanaannya, Karantina wilayah dan daerah tersebut perlu diatur agar tidak tumpang tindih kewenangan Pusat dan daerah.

Khusus DKI Jakarta yang menjadi Ibukota Negara harusnya sudah melakukan Karantina Wilayah, mengingat Jakarta adalah simbol Negara yang harus dipertahankan eksistensinya. Dan akibat penyebaran Covid 19 di Jakarta makin tidak terkendali akibat carut marutnya penanganan dan koordinasi antara Pusat dengan Daerah yang saling Tarik ulur berdampak kepercayaan dunia Internasional kepada Indonesia makin menurun, untuk itu atas seizin Presiden PPMI Daeng Wahidin dan Sekjend DPP PPMI Zulkhair, kami atas nama DPP PPMI meminta kepada Presiden Jokowi untuk segera memberlakukan Karantina Wilayah kepada seluruh Provinsi dan Kabupaten/Kota di Indonesia, Tegas Idrus

Ditempat terpisah melalui Video Viral di Medsos Influencer muda dr. Tirta Mandiri Hudhi mengatakan rumah sakit di Indonesia kini sudah mulai kewalahan untuk mengatasi membludaknya jumlah pasien positif Covid-19.

dr. Tirta mengatakan solusi terbaik yang dapat dilakukan pemerintah adalah karantina wilayah. Beliau menekankan solusi tersebut adalah hanya pertimbangan dari segi medis, belum memperhitungkan sektor ekonomi. Ia menjelaskan karantina dapat dipastikan akan efektif untuk mengurangi penyebaran Covid-19.

About Post Author