06/10/2022

PPMI CENTRE – Konfederasi Serikat Buruh Merdeka

Berani, Jujur, Amanah, Alloh Ridho

Siaran Pers Dewan Pengurus Pusat Persaudaraan Pekerja Muslim Indonesia (DPP PPMI) melawan Wabah Covid 19

PPMI CENTRE – Jakarta | BISMILLAHIRRAHMANIRRAHIIM
Siaran Pers Dewan Pengurus Pusat Persaudaraan Pekerja Muslim Indonesia (DPP PPMI) melawan Wabah Covid 19
Bahwa langkah pemerintah dalam mengambil status Kedaruratan Kesehatan Masyarakat atau Pembatasan Sosial Berskala Besar dan atau Darurat Sipil dalam penanggulangan penyebaran wabah corona saat ini, jelas ini sebuah langkah keliru yang memperlihatkan ketidaksiapan Pemerintahan Jokowi – Ma’ruf dalam menanggulangi Penyebaran Virus Corona, selain itu tumpang tindih aturan yang sudah ada yaitu UU No.6 Tahun 2018 yang seharusnya sudah dilaksanakan saja tanpa reserve dengan menyiapkan Peraturan Pemerintah terkait Juklak Implementasi UU Tersebut agar tidak membingungkan masyarakat dan Kepala Daerah dalam memproteksi wilayah/Daerah Masing-masing.

Kita semua berharap agar DPR RI dan Pemerintah fokus pada pencegahan penyebaran pandemi corona dan melakukan strategi antisipasi yang benar agar tidak menimbulkan kepanikan dan keresahan ditengah-tengah masyarakat dan menganggu Investasi serta roda perekonomian bangsa.

Bahwa faktanya hari ini Pemerintahan Jokowi – Ma’ruf hanya bermain-main ditingkat narasi tapi jauh dari substansi permasalahan, terkesan sekedar menggugurkan kewajiban untuk menghilangkan tanggungjawab Negara kepada rakyat sebagaimana yang diatur dalam Konstitusi, tentunya hal ini dapat berakibat fatal terhadap kondisi rakyat akhir-akhir ini serta hanya membuat kepanikan dan kegaduhan baru di masyarakat yang mengakibatkan Kepala Daerah bersama Masyarakat akan mengambil langkah penyelamatan masing-masing karena Pemerintah penuh dengan ketidakpastian, ketidakjujuran dan tidak transparan dalam hal penyebaran informasi dalam penanggulangan penyebaran Covid 19 ini.

Kebijakan Karantina Wilayah yang sudah diatur UU sudah seharusnya diambil oleh Pemerintah Pusat dalam hal Penanggulangan wabah Covid 19 ini tanpa syarat karena sudah diatur sejak tahun 2018 kenapa sekarang malah membuat aturan baru atau Istilah baru yang justru kontradiksi dengan Aturan yang sudah ada dan Aspirasi Masyarakat.

Oleh karena itu DPP PPMI menyampaikan hal – hal sebagai berikut :

  1. Meminta kepada Pemerintah Pusat untuk menetapkan Karantina Wilayah
  2. Meminta kepada Pemerintah Pusat untuk tidak menimbun kekayaan Negara, sesegera mungkin dalam tempo yang sesingkat-singkatnya menggeluarkan semua potensi dana APBN yang ada untuk disalurkan dalam mengatasi seluruh kebutuhan pokok masyarakat dan Tim Kesehatan.
  3. Meminta kepada Pemerintah Pusat agar Menjaga Kesehatan dan keselamatan seluruh lapisan Warga Negara Indonesia tanpa membeda-bedakan status sosial baik di Dalam dan Luar Negeri.
  4. Meminta kepada Pemerintah Pusat agar Menyiapkan APD dan memberikan insentif kepada seluruh Petugas medis sebagai garda terdepan melawan Covid 19 ini baik berupa Tunjangan/Insentif Uang Tunai maupun Pengangkatan sebagai Pegawai Negeri Sipil kepada seluruh petugas medis yang berstatus Honorer.
  5. Meminta kepada Pemerintah Pusat agar Menyiapkan APD dan memberikan insentif kepada seluruh Petugas PLN di lapangan yang bekerja keras menjamin pasokan listrik bagi masyarakat sebagai garda terdepan melawan Covid 19, ini baik berupa Tunjangan/Insentif Uang Tunai maupun Pengangkatan sebagai Karyawan tetap kepada seluruh Pekerja PLN yang berstatus Outsourcing maupun Kontrak bertahun-tahun.
  6. Meminta kepada Pemerintah Pusat agar Menjamin pembayaran Upah + THR selama wabah corona berlangsung serta menjamin dan mengamankan seluruh Pekerja dari kemungkinan ancaman PHK akibat Covid 19 ini.
  7. Meminta kepada Pemerintah Pusat agar Meliburkan seluruh Pekerja baik yang formal dan informal dengan menjamin 100% kebutuhan pokok masyarakat berdasarkan standar/Item Kebutuhan Hidup Layak, selama Wabah Covid 19 Berlangsung.
  8. Meminta kepada Pemerintah Pusat agar Memberikan insentif kepada industri yang terkena dampak pandemi Covid 19.
  9. Meminta kepada Pemerintah Pusat agar Menurunkan harga BBM Premium/Pertalite/Solar dan Harga LPG baik rumah tangga maupun Industri.
  10. Meminta kepada Pemerintah Pusat agar Membebaskan Masyarakat dari segala bentuk Tagihan yaitu PDAM, Listrik, LPG dan Cicilan bank atau non perbankan serta memberikan insentif untuk pelanggan Token Listrik kepada masyarakat.  
  11. Meminta kepada Pemerintah Pusat agar Memaksa seluruh Konglomerat dan Orang-orang Kaya agar memberikan sumbangan yang pantas dan layak kepada Negara bagi penyelamatan ekonomi dan kesehatan masyarakat sebagai bentuk nasionalisme kongkrit kepada Bangsa dan Negara.
  12. Meminta kepada seluruh Tokoh Agama dan Umat beragama agar perbanyak berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa, khusus kepada Umat Islam perbanyak Dzikir, Do’a dan Sholat malam serta tetap memaksimalkan memakmurkan masjid-mesjid sebagai tempat yang afdol untuk meminta pertolongan Allah SWT, jadikan Mesjid sebagai benteng utama umat Islam dalam menghadapi segala bencana yang menimpa negeri ini.
  13. Mengutuk keras oknum-oknum anggota DPR RI yang memanfaatkan situasi dengan memprovokasi Pimpinan DPR RI untuk membahas RUU Omnibus Law yang jelas-jelas sudah ditolak oleh Serikat Pekerja/Buruh, Ormas-ormas, LSM – LSM dan elemen-elemen lainnya di Masyarakat.

Dengan tetap berikhtiar setiap saat selalu menjaga kebersihan diri, keluarga dan lingkungan disekitar kita, Semoga Allah Subhannahu Wata’ala meridhoi dan memberikan Hidayah serta Rahmat-Nya agar Bangsa dan Negara Indonesia diselamatkan dari Musibah Covid 19 ini . Aamiin Ya Rabbal Alamiin.

Billahitaufiq Wal Hidayah
Wassalamu Alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Jakarta, 31 Maret 2020 / 6 Sya’ban 1441 H
DEWAN PENGURUS PUSAT
PERSAUDARAAN PEKERJA MUSLIM INDONESIA
PERIODE 2017 – 2022 M
TTD
Wahidin, Amd (Presiden PPMI)
Drs. Zulkhair, MM (Sekretaris Jenderal DPP PPMI)


Tembusan Kepada Yth ;
1. Dewan Pendiri PPMI
2. Dewan Pertimbangan Nasional DPP PPMI
3. Mahkamah Organisasi DPP PPMI
4. Dewan Penasehat DPP PPMI
5. Pengurus DPP/DPLN/DPW/DPC/PPA PPMI di Seluruh Indonesia

About Post Author