06/10/2022

PPMI CENTRE – Konfederasi Serikat Buruh Merdeka

Berani, Jujur, Amanah, Alloh Ridho

KISAS (Kajian Selasa) BES : Tiga Konsep Dasar Menentukan Agama Yang Benar Secara Ilmiah

CERDASS = Ceramah Dasar Ajaran Islam , Selasa Tgl 7 APRIL 2020 : “TIGA KONSEP DASAR MENENTUKAN AGAMA YANG BENAR SECARA ILMIAH”  Bahwa Cerdass kali ini tetap dan selalu berbasis pada BES Theory yaitu OST – JUBEDIL ( Obyektif , Sistematis, Toleran – JUjur, BEnar, aDIL ) dalam menganalisnya terhadap Tiga konsep dasar menentukan Agama yang Benar . Ukuran tiga konsep Tersebut yaitu :

  1. Apa dan Bagaimana KONSEP DASAR TUHAN DARI AGAMAnya itu ?
  2. Apa dan Bagaimana KONSEP DASAR AJARAN dari AGAMA itu TERHADAP SISTEM KEHIDUPAN DIDUNIA dan DIAKHIRATnya ?
  3. SIAPA ORANGnya PEMBAWA AJARAN AGAMA ITU dan BAGAIMANA KEPRIBADIAN DARI PEMBAWA AGAMA ITU atau PERSONIFIKASI  yang dapat di jadikan Contoh Teladan dalam menjalani kehidupan di Dunia ini ?

Bahwa ketiga konsep dasar tersebut amatlah penting karena bagi kita kaum intelektual atau dalam Dunia ILMIAH HARUS BERFIKIR setidaknya pernah berfikir terhadap Agama yang diyakininya, TIDAK BOLEH Kita HANYA IKUT-IKUTAN atau TAKLIT BUTA seperti KERBAU DICOCOK HIDUNGnya IKUT saja maunya si Penggembalanya, dalam ajaran Islam hal tersebut DILARANG KERAS baca QS 17 Al-‘Isrā’ Ayat 36 : Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya. Sesungguhnya pendengaran, penglihatan dan hati, semuanya itu akan diminta pertanggungan jawabnya.

Karena alat bantu untuk kita BERFIKIR gunakan AKAL SEHATnya seperti TELINGA untuk mendengar sejumlah Informasinya , MATA untuk melihat Fakta, Dokumen, Berkas-berkas dan Peristiwa serius yang bisa dilihat sebagai alat Bukti, HATI NURANI sebagai penilai dan Penentuan Sikap atau putusan yang  harus diambil tidak ragu dan bimbang, ketiga alat bantu tersebut SEMUA AKAN DIMINTAI PERTANGGUNG JAWABANnya oleh ALLAH SUBHANNAHU WA TA ALA, sehingga kualitas BERFIKIR dan RASA TANGGUNG JAWAB UMAT ISLAM pasti Terbaik dibandingkan kualitas Orang-orang Non Muslim Baca QS.3 ‘Āli `Imrān Ayat 110 : Kamu adalah umat yang terbaik yang dilahirkan untuk manusia, menyuruh kepada yang ma’ruf, dan mencegah dari yang munkar, dan beriman kepada Allah. Sekiranya Ahli Kitab beriman, tentulah itu lebih baik bagi mereka, di antara mereka ada yang beriman, dan kebanyakan mereka adalah orang-orang yang fasik.

JIKA MENGIKUTI PERINTAH-NYA tersebut, tapi Faktanya umat Islam pada umumnya yang ada sekarang tidak berkualitas, miskin dan uneducated makanya hampir diseluruh Dunia umat Islam bagian dari Orang-orang yang TERJAJAH beda jauh dengan awal munculnya ajaran Islam yang dibawa RASULLAH MUHAMMAD SAW, sangat cemerlang bahkan sampai keluar negeri jazirah Arab, seperti ke Spanyol , Turki, Iran, Irak, Brunei, Malaysia, Indonesia dan lainnya kurang lebih ada 106 Negara yang berkategori banyak Muslimnya seperti yang tergabung dalam OKI = Organisasi Konfrensi Islam. Bahwa sekali lagi tentang 3 Katagori konsep dasar Agama tersebut amatlah penting.

  • Oleh karena untuk APA BERAGAMA tapi TIDAK JELAS UKURAN TIGA KONSEPNYA ITU ?
  • BAGAIMANA MAU DI JADIKAN TUNTUNAN JALAN HIDUP KITA yang JUJUR, BENAR dan ADIL ?
  • SIAPA PERSONIFIKASI ORANG DAPAT DI JADIKAN CONTOH TELADAN dalam mempraktekkan Ajaran Agama itu ?

Satu contoh mengenai KONSEP PERNIKAHAN dengan segala konsekwensi atau turunan persoalan dari pernikahan tersebut seperti bagaimana tatacara nikahannya,  ada Anak, cari nafkahnya lalu punya harta benda lalu setelah wafat bagaimana HAK WARISnya bagi Keluarga yang ditinggalkannya,  yang semua itu HARUS ADA CONTOH KONGKRITnya berupa dalil-dalil di Quran maupun Hadist, kita semua yang mengakui sebagai Muslim mestilah PERSEPSInya, KESADARANnya dan PENTAATANnya HARUS SESUAI dengan yang ALLAH KEHENDAKI dan USWAH dari NABI MUHAMMAD SAW nya mesti di ikuti, maka seluruh   Manusia sedunia  FITRAH ORIGINALITASnya PASTI MAU NIKAH, kecuali yang ABNORMAL oleh karena itulah perlu Ajaran Agama APA dan yang mana dapat di contoh secara sempurna ????

Untuk penjelasan selanjutnya kiranya disambung besok Hari Rabu tgl 8 April 2020, dengan istilah KALBU  = KAjian IsLam RaBU . 

Salam Ta’ziem
Bogor, 7 April 2020
BES = Bang Eggi Sudjana .

About Post Author