30/09/2022

PPMI CENTRE – Konfederasi Serikat Buruh Merdeka

Berani, Jujur, Amanah, Alloh Ridho

Jaga Persatuan Dalam Menghadapi Wabah Pandemi Global Covid-19

PPMI CENTRE – Prabumulih Sumsel | Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh. Teman-teman, sahabat dan seluruh masyarakat kota Prabumulih yang saya cintai. Mari kita menanggapi atau menyikapi surat walikota yang beredar luas di masyarakat, khususnya di medsos dengan bijak dan hati yang lapang serta menghindari gesekan, karena mungkin kita tidak memahami secara utuh permasalahan dan kebijakan strategis masing-masing pemerintah daerah.

Pada dasarnya kebijakan yang dibuat masing-masing daerah atau wilayah dalam rangka semangat melawan penyebaran COVID-19 dan melindungi masyarakat. Mari kita bersama dan bersatu melawan penyebaran COVID-19.

Oleh karena itu mari kita menyikapi berbagai macam reaksi masyarakat tersebut dengan cara memberikan pemahaman dan edukasi kepada masyarakat terkait standar operasional prosedur (SOP) dan Protokol penanganan COVID-19 dan kebijakan strategis suatu daerah dalam melaksanakan UU No 6 Tahun 2018 tentang Kekarentinaan Kesehatan.

Terkait dengan permasalahan diatas Dewan Pengurus Cabang Persaudaraan Pekerja Muslim Indonesia (DPC PPMI) Prabumulih, meminta dan mendesak Walikota Prabumulih atas nama pemerintah daerah, Fokus pada penanganan kesehatan masyarakat, antisipasi dampak ekonomi dan pemenuhan jaring pengaman sosial, dalam rangka percepatan penanganan wabah Covid-19. Khususnya bagi masyarakat yang terkena nampak COVID-19 dan pelaksanaan kebijakan masing-masing pemerintah daerah, perusahaan lokal melalui program dan kebijakan strategis untuk mensingkrongkan ekses serta dampak yang timbul dalam jaring pengaman sosial. Sehingga dalam situasi darurat wabah COVID-19 masyarakat merasa nyaman, terlindungi, terlayani dan terawat, karena program dan kebijakan strategis pemerintah daerah dapat menghadirkan negara dalam kehidupan rakyat.

Disisi lainnya, pemerintah daerah agar terus  melakukan pencegahan penyebaran COVID-19. Dan terus melakukan evaluasi serta kordinasi pada Fihak-fihak terkait, memberdayakan masyarakat, termasuk orang-orang yang mempunyai kapasitas kompetensi bidang tertentu,  agar dapat bersinergi mengatasi dan melawan penyebaran COVID-19.

Jangan sampai, kita bertempur melawan virus korona, tetapi kita tidak mempunyai data, peta sebaran, skema dan skenario serta strategi menghadapi COVID-19. Pemerintah daerah harus transparan terkait hal tersebut, karena ini menyangkut keselamatan warga masyarakat.

About Post Author