27/09/2022

PPMI CENTRE – Konfederasi Serikat Buruh Merdeka

Berani, Jujur, Amanah, Alloh Ridho

Ujian Kompetensi dan Leadership Di Tengah Covid-19

PPMI CENTRE – PRABUULIH | Jika permohonan PSBB suatu daerah di TOLAK pemerintah pusat, karena persyaratan untuk melaksanakan PSBB tidak terpenuhi. Maka seorang pemimpin daerah minimal mempunyai modal awal berpikir dan kemudian menbuat gagasan serta strategi untuk menangani pandemi berbasis global COVID-19.

Atau pemerintah menggunakan Anggaran Belanja Daerah, menginventarisir masalah lalu mengakomodir kepentingan lokal dengan melibatkan orang-orang yang berkompeten dari berbagai disiplin ilmu dan menempatkan orang yang mempunyai latar belakang pengalaman yang mumpuni. Sehingga dapat menjadi kumpulan pikiran dan gagasan dalam merumuskan formulasi dan strategi penanganan COVID-19 karena Para pemimpin yang memimpin dengan hati begitu memahami bahwa semua orang dan bawahan mereka memiliki kebutuhan untuk dihargai, dihormati, didengarkan dan dilibatkan. Para pemimpin sejati memahami bahwa kepemimpinan bukanlah tentang mereka tetapi tentang mereka yang dilayani. Ini bukan tentang meninggikan diri mereka sendiri tetapi tentang mengangkat dan menyelamatkan orang yang dia pimpin.

“Emotional dalam memimpin Tim, saat menghadapi masalah adalah cara memimpin orang-orang yang kompetensinya dibawah standar, puncaknya dia main ancam. Itu cara dia menutupi ketidakmampuannya dan biasanya orang seperti itu telah gagal sejak dalam berpikir, kurang kreatif, kurang ide dalam mencari solusi tepat dan anda hanya menjadi tempat pelampiasannya”, (Dr.Salahudin Gaffar, SH.MH, Pakar Hubungan Industrial)

“Pemimpin yang terbaik adalah yang paling memiliki penguasaan diri untuk dipimpin. Maka seorang Pendito Ratu haruslah a man of nothing to loose. Tak khawatir kehilangan apa-apa. Jangankan harta benda, simpanan uang, seribu perusahaan, tanah, gunung dan tambang. Sedangkan dirinya sendiripun sudah tak dimiliknya, sebab telah diberikan kepada Tuhan dan rakyatnya”.(Emha Ainun Najib)

Prabumulih, 5 Mei 2020
Hasbi, Spd
Ketua DPC PPMI Kota Prabumulih

About Post Author