06/10/2022

PPMI CENTRE – Konfederasi Serikat Buruh Merdeka

Berani, Jujur, Amanah, Alloh Ridho

Salah Satu Kemukjizatan Alquran Itu adalah Mudah Dipelajari dan Dipahami

Kajian Islam Rabu (Jibu) bersama Eggi Sudjana Mastal (ESM) kali ini akan menjelaskan Salah satu Kemukjizatan Alqur’an itu adalah mudah dipelajari atau dipahami oleh manusia siapapun itu, baik Muslim maupun Non Muslim. Bahwa ALLAH SUBHANAHU WA TA’ALA yang mengajarkan ALQUR’AN yang AGUNG ini kepada MANUSIA melalui NABI BESAR MUHAMMAD SAW, yang dijelaskan dalam ALLAH SUBHANAHU WA TA’ALA dalam Firman-NYa QS. Ar Rahman ayat 2 :
“Yang telah mengajarkan Al Qur’an”.

Bahwa Firman ALLAH SUBHANAHU WA TA’ALA dalam QS. Al-Qamar ayat 17, 22, 32, 40 : “Dan sungguh, telah Kami mudahkan Al-Qur-an untuk peringatan, maka adakah orang yang mau mengambil pelajaran?”

Kemudahan Al-Qur-an itu, ALLAH SUBHANAHU WA TA’ALA telah menjelaskan dengan sangat jelas melalui firman-Nya di atas. Bahkan ayat tersebut diulang sampai 4 kali dalam satu surah, itulah bentuk kasih sayang ALLAH SUBHANAHU WA TA’ALA kepada Hamba-hambanya yang ingin Beriman dan Bertaqwa kepada-Nya.

Jadi, Al-Qur-an sebagai pedoman hidup orang-orang yang beriman dan Bertaqwa, itu pada dasarnya mudah dan ALLAH yang menjamin kemudahannya, di antara kemudahan yang ada di dalam Al-Qur-an :
1. Mudah untuk dibaca dan dipelajari;
2. Mudah untuk dipahami, karena sebagian besar dari ayat-ayat Al-Qur-an dapat dipahami oleh orang awam;
3. Mudah untuk dihafal;
4. Mudah untuk diamalkan;
5. Mudah untuk didakwahkan;

Banyak sekali contoh orang-orang yang bisa menghafal ALQURAN yang terdiri dari 30 Juz – 114 Surah – 6236 ayat, dari anak-anak sampai mereka yang sudah tua. Bahkan orang yang memiliki keterbatasan fisik sekalipun, mereka mampu menghafal ALQURAN. Ini menunjukkan kemudahan ALQURAN yang bersifat universal, Logis, Ilmiah, Objektif, Sistematis dan Toleran.

ESM menegaskan sama sekali tidak menafsirkan Al Quran karena menurut Pendapat ESM bahwa Penafsiran itu adalah upaya untuk menjelaskan arti sesuatu yang kurang jelas dari seseorang dengan keahlian atau kejadian yang dialami, sehingga setiap orang memiliki Hak Penafsiran yang berbeda-beda dari berbagai macam faktor, sebab, akibat dan latar belakang. selain itu Ayat – ayat Alqur’an memang ada yang butuh penafsiran, tapi banyak juga ayat – ayat ALQURAN yang sudah jelas dan tegas, mudah dipahami oleh Manusia itulah salah satu Kemukjizatan Alquran yang Agung ini, salah satu contohnya ayat tersebut diatas dan banyak lagi kalau kita mau dan serius membaca Alquran dan terjemahannya didalam bahasa Indonesia.

Untuk tidak menimbulkan multi tafsir maka metode Teori ESM menyampaikan hubungan antara satu ayat dengan ayat yang lain, kemudian diterangkan secara OST JUBEDIL sehingga nampak jelas ALUR LOGIKA AL QURAN yang Agung ini. Dengan memformulasikan ayat –ayat ALQURAN tersebut dengan Perspektif LOGIKA ALQURAN secara Objektif, Sistematis dan Toleran sehingga kita secara sadar membetuk Pemahaman/Persepsi, Kesadaran dan Pentaatan yang sama dan menghasilkan buah pemikiran atau keputusan yang Jujur, Benar dan Adil.

Agar kita semua mendapatkan cahaya Allah SWT bersama Nabi Besar Muhammad SAW yang kita muliakan sesuai dengan Firman ALLAH SUBHANAHU WATA’ALA dalam QS.66 At Tahrim ayat 8 : “Hai orang-orang yang beriman, bertaubatlah kepada Allah dengan taubatan nasuhaa (taubat yang semurni-murninya). Mudah-mudahan Rabbmu akan menutupi kesalahan-kesalahanmu dan memasukkanmu ke dalam jannah yang mengalir di bawahnya sungai-sungai, pada hari ketika Allah tidak menghinakan Nabi dan orang-orang mukmin yang bersama dia; sedang cahaya mereka memancar di hadapan dan di sebelah kanan mereka, sambil mereka mengatakan: “Ya Rabb kami, sempurnakanlah bagi kami cahaya kami dan ampunilah kami; Sesungguhnya Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu”.

Jo QS.24 An Nur ayat 35 : Allah (Pemberi) cahaya (kepada) langit dan bumi. Perumpamaan cahaya Allah, adalah seperti sebuah lubang yang tak tembus, yang di dalamnya ada pelita besar. Pelita itu di dalam kaca (dan) kaca itu seakan-akan bintang (yang bercahaya) seperti mutiara, yang dinyalakan dengan minyak dari pohon yang berkahnya, (yaitu) pohon zaitun yang tumbuh tidak di sebelah timur (sesuatu) dan tidak pula di sebelah barat(nya), yang minyaknya (saja) hampir-hampir menerangi, walaupun tidak disentuh api. Cahaya di atas cahaya (berlapis-lapis), Allah membimbing kepada cahaya-Nya siapa yang dia kehendaki, dan Allah memperbuat perumpamaan-perumpamaan bagi manusia, dan Allah Maha Mengetahui segala sesuatu.

Dengan cara Memakmurkan Masjid – Masjid melalui Upgrading ASI (Alquran – Sholat – Infaq) yang dijelaskan juga dalam Firman ALLAH QS. 24 An Nur ayat 36, 37, 38 : Bertasbih kepada Allah di masjid-masjid yang telah diperintahkan untuk dimuliakan dan disebut nama-Nya di dalamnya, pada waktu pagi dan waktu petang ; Laki-laki yang tidak dilalaikan oleh perniagaan dan tidak (pula) oleh jual beli dari mengingati Allah, dan (dari) mendirikan sembahyang, dan (dari) membayarkan zakat. Mereka takut kepada suatu hari yang (di hari itu) hati dan penglihatan menjadi goncang. ; (Meraka mengerjakan yang demikian itu) supaya Allah memberikan balasan kepada mereka (dengan balasan) yang lebih baik dari apa yang telah mereka kerjakan, dan supaya Allah menambah karunia-Nya kepada mereka. Dan Allah memberi rezeki kepada siapa yang dikehendaki-Nya tanpa batas.

Dan Allah juga telah mengingatkan kita semua umat Islam khususnya kepada orang kafir, dalam Firman Allah QS.24 An Nur ayat 30 : “Dan orang-orang kafir amal-amal mereka adalah laksana fatamorgana di tanah yang datar, yang disangka air oleh orang-orang yang dahaga, tetapi bila didatanginya air itu dia tidak mendapatinya sesuatu apapun. Dan didapatinya (ketetapan) Allah disisinya, lalu Allah memberikan kepadanya perhitungan amal-amal dengan cukup dan Allah adalah sangat cepat perhitungan-Nya”.

Apabila ESM Teori tersebut memiliki kekeliruan atau hal yang tidak tepat, dengan sangat senang hati ESM akan diperbaiki serta toleran mengikuti hasil koreksi tersebut. Namun, bisa saja ESM TEORI: OST JUBEDIL tadi yang benar sebagai cara metode berfikir yang ilmiah sesuai dengan perintah Alqur’an juga secara toleran harus juga diterima oleh semua pihak. Maka sudikiranya, siapapun orangnya secara toleran berkenan mengikuti TEORI ESM OST JUBEDIL.

Tinggal diri kita, siapkah menjalankan jaminan Allah ini dengan benar-benar secara totalitas mengimani ALQURAN tanpa reserver sebagai bentuk Kesadaran dan Pentaatan kita kepada ALLAH SUBAHANU WATA’ALA ?

Tinggal diri kita, siapkah menjalankan jaminan Allah ini dengan mulai membaca ALQUR’AN-NYA?

Tinggal diri kita, siapkah menjalankan jaminan Allah ini dengan mulai mempelajari ALQUR’AN-NYA?

Tinggal diri kita, siapkah menjalankan jaminan Allah ini dengan mulai memahami ALQUR’AN-NYA?

Tinggal diri kita, siapkah menjalankan jaminan Allah ini dengan mulai menghafal ALQUR’AN-NYA?

Tinggal diri kita, siapkah menjalankan jaminan Allah ini dengan mulai mengamalkan ALQUR’AN-NYA?

Tinggal diri kita, siapkah menjalankan jaminan Allah ini dengan mulai mendakwahkan ALQUR’AN-NYA?

Salam Takziem,
Salam OST JUBEDIL, Indonesia Bertaqwa, Dunia pun Bertaqwa, ALLAHU AKBAR.. ALLAHU AKBAR.. ALLAHU AKBAR..!!

Bogor, 17 Juni 2020
ESM = EGGI SUDJANA MASTAL

About Post Author