30/09/2022

PPMI CENTRE – Konfederasi Serikat Buruh Merdeka

Berani, Jujur, Amanah, Alloh Ridho

Tawakal, Obat Dahsyat Mengatasi Multi Krisis

Oleh : Neneng Sriwidianti
Pengasuh Majelis Taklim dan Member AMK

Miris sekali, melihat kondisi yang ada di negeri ini. Bukan rahasia lagi, jika kerusakan yang tampak hari ini hampir merata pada seluruh aspek kehidupan. Masa Pandemi virus Covid-19 menambah deret panjang kerusakan yang menyertainya. Sejumlah kasus terus bermunculan, mulai dari meningkatnya angka pengangguran korban PHK, KDRT yang semakin marak, tarif listrik yang mencekik, kejahatan merajalela, sampai kasus peradilan yang mengusik nurani rakyat. Ironis sekali, padahal negara ini adalah negeri yang subur dan masyarakatnya mayoritas muslim. Apa yang harus kita lakukan untuk keluar dari kondisi ini?

Benar sekali apa yang digambarkan oleh Allah Swt. dalam firman-Nya yang mulia :

“Telah tampak kerusakan di darat dan di laut disebabkan karena perbuatan tangan manusia; Allah menghendaki agar mereka merasakan sebagian dari (akibat) perbuatan mereka, agar mereka kembali (ke jalan yang benar).” (QS. Ar-Rum [30] : 41).

Deretan krisis/ kerusakan itu wajar diidap Indonesia, karena sistem yang membangun struktur pemerintahannya sudah jelas salah kaprah, bukan hanya persoalan personal pemimpinnya saja. Kapitalisme sebagai ideologi matrealistis telah menempatkan elite penguasa yang dipilih oleh para pemodal kuat guna menjalankan pemerintahan.

Terlebih lagi, sistem ini telah memberikan hak kepada manusia untuk mengatur segala urusannya. Padahal, manusia dengan sifatnya yang lemah tidak mungkin dapat mengatur kehidupan manusia lainnya. Karena sifatnya yang juga sama-sama sebagai makhluk. Pemisahan agama dari kehidupan menjadi biang kerok kerusakan hari ini.

Satu-satunya yang dapat dilakukan saat ini, yaitu tawakal. Tawakal adalah obat yang dahsyat untuk mengatasi multi krisis yang terjadi.

“Jika Allah menolong kamu, maka tidak ada yang dapat mengalahkanmu, tetapi jika Allah membiarkan kamu (tidak memberi pertolongan), maka siapa yang dapatorang-orang menolongmu setelah itu? Karena itu, hendaklah kepada Allah saja orang-orang mukmin bertawakal. (QS. Ali- Imran [3] : 160).

Tawakal adalah menyerahkan segala urusan kita kepada Allah Swt. saja dibarengi dengan ikhtiar, agar bisa keluar dari multi krisis hari ini. Sebuah kesalahan besar apabila kita mengartikan tawakal, tetapi tidak ada ikhtiar untuk mengatasinya.

Katakanlah (Muhammad), ” Tidak akan menimpa kami melainkan apa yang telah ditetapkan Allah bagi kami. Dialah pelindung kami, dan hanya kepada Allah bertawakallah orang-orang yang beriman.” (QS. At-Taubah [9] : 51).

Oleh sebab itu, ada beberapa ikhtiar yang harus segera kita lakukan, agar terbebas dari multi krisis yang disebabkan oleh sistem kapitalisme :

  1. Menjauhkan diri dari penguasa yang ada.
  2. Tidak mendengar dan menaatinya selama penguasa menyuruh kepada kemaksiatan.
  3. Tidak membenarkan kebohongan penguasa dan tidak membantu kezalimannya.
  4. Campakkan sistem kapitalisme yang nyata-nyata telah menimpakan kerusakan di muka bumi.
  5. Segera berjuang untuk menegakkan kembali hukum Islam kafah dalam bingkai khilafah.

Hanya tawakal seperti inilah yang dapat membebaskan umat manusia dewasa ini. Kebaikan akan kita dapatkan, baik di dunia maupun akhirat. Ketika Allah Swt. telah menolong kita, tidak ada yang dapat menghalanginya.

Wallahua’lam bishshawab

About Post Author