11/07/2020

PPMI CENTRE – Official Website

Media Online / Informasi Persaudaraan Pekerja Muslim Indonesia

Arti Makna..! Antara Saudara Dan Persaudaraan

Kajian Hari Sabtu Tgl 27 Juni 2020 Silahkan dalami dalam hati, Arti dan Makna “ANTARA SAUDARA DAN PERSAUDARAAN”. Jika ada yang bertanya, adakah kaitan antara saudara dan kebahagiaan. jawabannya mungkin akan mengagetkan:

Saudara tidak akan membuat kita bahagia. Yang membuat kita bahagia adalah persaudaraan.

Saudara adalah orang-orang yang terhubung dengan kita karena pertalian darah, berdimensi fisik.

Sementara persaudaraan adalah orang-orang yang terhubung dengan kita karena pertalian hati, berdimensi spiritual.

• Jika menilik sejarah, banyak kejahatan yang dilakukan oleh saudara kepada saudaranya sendiri.
• Kisah pembunuhan pertama dalam sejarah umat manusia, antara Kain dan Habil, dilakukan oleh saudara atas saudaranya sendiri.
• Begitu pula dalam kisah konspirasi saudara-saudara Nabi Yusuf untuk melenyapkannya.
• Jika dalam kasus Kain dan Habil berlaku kejahatan oleh saudara one-on-one.
• Dalam kisah Nabi Yusuf yang terjadi adalah persekongkolan jahat berkelompok oleh sesama saudara lebih dari satu orang.
• Kisah-kisah ini mengajarkan kepada kita bahwa saudara yang bertali secara darah (fisik) bisa menjadi musuh saat tidak ada pertalian hati (spiritual).

Ada 4 tipe manusia dalam konteks saudara dan persaudaraan :
1. Saudara yang menunjukkan persaudaraan. “Inilah surga”.
2. Bukan saudara namun menunjukkan persaudaraan. “Ini adalah kebahagiaan” (happiness)
3. Bukan saudara dan tidak menunjukkan persaudaraan. “Ini disebut ketidakbahagiaan” (unhappiness)
4. Saudara tapi tidak menunjukkan persaudaraan. “Inilah neraka”.

Jika ada orang yang bukan saudara dan dia tidak menunjukkan persaudaraan kepada kita, kita bisa dengan mudah menghindarinya.
Kita bisa memilih komunitas lain tanpa harus bertemu dengannya.
Namun akan lebih berat bagi kita jika yang tidak menunjukkan persaudaraan itu adalah saudara kita sendiri.

Disinilah kita perlu memaknai setiap kondisi yang kita hadapi agar tidak mengalihkan kita dari kebahagiaan. Kepada mereka yang tidak menunjukkan persaudaraan, kita bisa memaknainya sebagai cara Tuhan untuk menjadikan diri kita agar menjadi manusia yang lebih baik. Hilangnya rasa persaudaraan dari saudara kita tidak boleh menjadi penghalang bagi kita untuk merayakan setiap momentum dalam hidup kita.

Lantas, apa yang dibutuhkan untuk memunculkan rasa persaudaraan khususnya antara sesama saudara ?
• Kata kuncinya adalah connectedness, rasa terhubung satu sama lain, rasa bahwa kita adalah satu tubuh kesatuan dalam persatuan.
• Disaat ada bagian dari tubuh kita yang sakit, maka seluruh tubuh akan merasakannya.
• Demikian pula sebaliknya, saat bagian tubuh yang sakit itu pulih, seluruh tubuh merasakan kesegaran…..

CONNECTEDNESS (rasa keterhubungan) Dalam bentuk apapun, termasuk sosmed, WA,FB dll adalah salah satu upaya untuk menyatukan hati.

Ada 2 ciri connectedness :
A. Kita merasa senang jika saudara kita mendapatkan kebaikan, dan kita merasa sedih saat saudara kita mendapatkan keburukan.
Inilah yang dianalogikan sebagai satu tubuh.
B. Kita selalu berhubungan dengan saudara kita meski kita sedang tidak membutuhkannya, silahturahmi.

Semoga bisa jadi inspirasi agar bisa menjadi saudara yang baik dan menjaga persaudaraan….

SALAM PERSAUDARAAN..
BAHWA DASAR BERFIKIR Itulah saya bersama 18 pendiri yang lain kami membentuk PPMI = PERSAUDARAAN PEKERJA MUSLIM INDONESIA TAHUN 1998 TGL 3 MARET DI BOGOR, KINI sudah 22 TAHUN BERLALU DAN MASIH BELUM TERASA RASA PERSAUDARAANNYA BAHKAN ADA GUGATAN DI PN JAKTIM.
SAYA SUDAH BERUSAHA UNTUK TERUS MUNCULKAN RASA PERSAUDARAAN ITU, AGAR PPMI TETAP BERSATU tapi dengan penjelasan beda SAUDARA dan PERSAUDARAAN TERSEBUT SEBELUMNYA , MAKA SAYA SADAR JIKA KITA PAKE KONSEP TAHU DIRI BAHWA PPMI ITU TITIK TEKANnya pada kata PERSAUDARAAN.
MAKA sesuai putusan PN Jaktim yang dibacakan Majelin Hakim Pada Hari Selasa Tanggal 23 Juni 2020 yang memutuskan sebagai berikut :

Putusan Perkara Nomor : 394/Pdt.G/2019/PN Jkt.Tim, Putusan Majelis Hakim PN Jakarta Timur yang dibacakan dalam persidangan Pada Hari Selasa Tanggal 23 Juni 2020, Petitum :

1. Mengabulkan seluruh permohonan PENGGUGAT;

2. Menyatakan TERGUGAT melakukan perbuatan melawan hukum;

3. Menyatakan batal demi hukum Surat Keputusan Nomor : 002/KPTS/MO DPP–PPMI/XII/2018 tentang Pembentukan Panitia Pelaksana Muktamar Luar Biasa Persaudaraan Pekerja Muslim Indonesia Periode 2017 – 2022 M tertanggal 19 Desember 2018 yang dibuat TERGUGAT dengan segala konsekuensi hukumnya;

4. Menyatakan Muktamar Luar Biasa Bogor tanggal 29-30 Desember 2018 dan segala produk hukum baik keputusan maupun rekomendasi dan ketetapan yang timbul didalamnya sebagai konsekuensi hasil Muktamar luar biasa tersebut batal demi hukum dan tidak memiliki kekuatan mengikat kepada siapapun;

5. Menetapkan bahwa Surat Keputusan Formatur Nomor : 01/KPTS/F/IV/2017 tentang Susunan Dewan Pengurus Pusat Persaudaraan Pekerja Muslim Indonesia Periode 2017 – 2022 M yang ditetapkan di Jakarta tertanggal 13 April 2017 dengan segala konsekuensi hukumnya sebagai Keputusan yang sah dan berlaku hingga masa berlakunya berakhir;

6. Menghukum Tergugat dan para Turut Tergugat untuk membayar biaya perkara yang timbul kepada Negara;

BAHWA JELAS BERDASARKAN KEPUTUSAN MAJELIS HAKIM PN JAKTIM TERSEBUT DIATAS , MAKA KEPENGURUSAN PPMI YANG SAH KEMBALI KE HASIL MUKTAMAR V yang DI PIMPIN OLEH Sdr. WAHIDIN sebagai PRESIDEN PPMI dan Sdr. ZULKHAIR Sebagai Sekretaris Jenderal DPP PPMI yang sah sampai dengan Muktamar VI PPMI Tahun 2022 , Sudikiranya Sdr. M. Fabil dan Sdr. Nopiandri dkk SEGERA BERGABUNG KEMBALI, IKUT KEPADA PUTUSAN MAJELIS HAKIM PN JAKTIM TERSEBUT . perlu di INGAT yang waktu tahun 1998 kata persaudaraan yang saya maksudkan ada 4 element yaitu :
1.Sangka baik diantara yang mengikatkan dalam Persaudaraan PPMI .
2.Empati, saling membantu dengan rasa saling kasih sayang dalam Persaudaraan PPMI .
3.Solidaritas, saling terkait untuk membantu , membela dan menjaga penuh kasih yang di ajarkan oleh ajaran Islam bila ada yang di ganggu dalam persaudaraan PPMI .
4.Kompak dan kerjasama yang erat untuk membangun PPMI agar tercapai PPMI yang MANDIRI , MAJU , SEJAHTERA dan ALLAH REDHO.

Bahwa 4 Element itu point penting dan mendasar bagi gerakan PPMI untuk mencapai TUJUAN nya PPMI MEMPUNYAI NILAI BARGAINING / POSISI TAWAR YANG TINGGI hingga PPMI bermartabat dan berpengaruh besar terhadap perubahan Nasib Pekerja khususnya dan Rakyat indonesia pada umumnya , maka untuk keperluan tersebut kita perlu memiliki PERSEPSI , KESADARAN , PENTAATAN YANG SAMA MENGKONDISIKAN INDONESIA BERIMAN dan BERTAQWA PADA ALLAH SUBHANNAHU WA TA’ALA.

Untuk itulah Pribadi-Pribadi kita yang sudah tergabung dalam PPMI sudikiranya TINGKATKAN INTEGRITAS, KAPASITAS dan OTORITAS yang DIMILIKINYA, dengan demikian Kita dapat dipastikan hidupnya diberkahi-NYA dari Langit dan Bumi di Dunia dan Akhirat, pada Akhirnya bila benar-benar Indonesia bertaqwa maka di pastikan dunia International juga bertaqwa . Aamiin Ya Rabbal Alamiin.

Bogor, 27 Juni 2020
Prof. Dr. H. Eggi Sudjana Mastal, SH. MSi
KETUA DEWAN PENDIRI PPMI .

CC :
Daeng Muhammad Wahidin (Presiden PPMI)
Drs. Jaya Samantha (Ketua Dewan Pertimbangan Nasional DPP PPMI)
Ir. H. Muhammad Arfan, MM (Ketua Mahkamah Organisasi PPMI)
DR.KH. Bukhori Abdul Shomad (Ketua Dewan Penasehat DPP PPMI)
H. Syafruddin Lubis, SH.MH (Wakil Presiden PPMI)
H. Abdul JAsmin (Wakil Presiden PPMI)
Drs. Zulkhair (Sekretaris Jenderal DPP PPMI)