25/09/2022

PPMI CENTRE – Official Website

Media Online / Informasi Persaudaraan Pekerja Muslim Indonesia

Gerakan Besar Untuk Indonesia Bertaqwa (Edisi Keempat)

SHOLAT (Hubungan manusia dengan Jiwanya)

Qur’an Surat Al Baqarah ayat 45 :
Jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu. Dan sesungguhnya yang demikian itu sungguh berat, kecuali bagi orang-orang yang khusyu.

Qur’an Surat Lukman ayat 17 :
Wahai anakku, dirikanlah shalat dan suruhlah (manusia) mengerjakan yang baik dan cegahlah (mereka) dari perbuatan yang mungkar dan bersabarlah terhadap yang menimpa kamu. Sesungguhnya yang demikian itu termasuk hal-hal yang diwajibkan (oleh Allah).

Wahai saudaraku seiman dan seislam, sholat adalah kegiatan yang terpenting di muka bumi. Mari kita perbaiki shalat kita, dari niat, takbir sampai salam dengan nilai kecerdasan agar Allah meridhoi kita.

SHOLAT MEMPUNYAI NILAI 3 (TIGA) DIMENSI :

Qur’an Surat Al An’am ayat 162-163 :
Katakanlah: sesungguhnya sholatku, ibadahku, hidupku dan matiku hanyalah untuk Allah, Tuhan semesta alam. Tiada sekutu bagi-Nya; dan demikian itulah yang diperintahkan kepadaku dan aku adalah orang yang pertama-tama menyerahkan diri (kepada Allah)”.

1. Dimensi keimanan
Pelaksanaan sholat 5 (lima) waktu dari mulai takbir sampai salam, yang sebelumnya diawali dengan wudhu.

2. Dimensi Kehidupan.
Didalam sholat ada satu gerakan sujud yang bermakna kehidupan, pemikiran konsep dan program mesti mengacu kepada Allah SWT dan Rasul-NYA dengan Al Quran dan Sunahnya.

3. Dimensi Syahid
Pada hadist yang terdapat dalam riwayat dari Jabir ra., “Bahwasannya Nabi SAW memerintah untuk menguburkan orang yang mati syahid dengan darah dan pakaian mereka, tanpa disholatkan dan dimandikan”.
(Hadist riwayat Al-Bukhori 3343)

Bagi orang-orang yang mati syahid tidak perlu disholatkan, karena sesungguhnya mereka telah sholat sewaktu perang, yaitu ketika mensujudkan konsep, program, kehidupan untuk tunduk kepada Allah SWT, kemudian dalam perjalannya dia terbunuh di jalan-NYA.

Agar masyarakat Indonesia mengenal 3 dimensi tersebut, maka diadakan upgrading kecerdasan sholat agar panggilan Allah setiap dikumandangkan menjadi pemenang pada setiap saat, dimanapun, pada situasi dan tidak takut dengan apapun.

INFAQ (hubungan manusia dengan ekosistemnya atau lingkungan hidup)

Qur’an Surat Al Baqarah ayat 254 :
Hai orang-orang yang beriman, belanjakanlah (di jalan Allah) sebagian dari rezeki yang telah Kami berikan kepadamu sebelum datang hari yang pada hari itu tidak ada lagi jual beli dan tidak ada lagi syafa’at. Dan orang-orang kafir itulah orang-orang yang zalim.

Qur’an Surat Al Munafiqun ayat 10 :
Dan belanjakanlah sebagian dari apa yang telah Kami berikan kepadamu sebelum datang kematian kepada salah seorang di antara kamu; lalu ia berkata: “Ya Rabb-ku, mengapa Engkau tidak menangguhkan (kematian)ku sampai waktu yang dekat, yang menyebabkan aku dapat bersedekah dan aku termasuk orang-orang yang saleh?”

Hubungan manusia dengan ekosistem atau lingkungan hidupnya yang diwujudkan dengan pengorbanan berupa infak, antara lain sebagaimana firman Allah SWT.

Qur’an Surat Al Anfal ayat 41 :
Ketahuilah, sesungguhnya apa saja yang dapat kamu peroleh sebagai rampasan perang maka sesungguhnya seperlima untuk Allah, Rasul, kerabat rasul, anak-anak yatim, orang-orang miskin dan ibnussabil, jika kamu beriman kepada Allah dan kepada apa yang kami turunkan kepada hamba kami (Muhammad) di hari furqaan, yaitu di hari bertemunya dua pasukan. Dan Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu.

Qur’an Surat Al Anfal ayat 2, 3 dan 4 :
Sesungguhnya orang-orang yang beriman adalah mereka yang apabila di sebut nama Allah gemetarlah hatinya dan apabila dibacakan ayat-ayatNya kepada mereka, bertambah (kuat imannya) dan hanya kepada Tuhan mereka bertawakal (yaitu) orang-orang yang menegakkan shalat dan yang menginfaqkan sebahagian rezeki yang Kami berikan kepada mereka. Mereka Itulah orang-orang yang benar-benar beriman. Mereka akan memperoleh derajat tinggi di sisi Tuhannya dan ampunan dan rezeki yang mulia.

Berdasarkan QS Al Anfal ayat 41, maka infak setiap gaji pejabat :
• Presiden dan Qakil Presiden serta kabinetnya : 20%
• MPR, DPD, DPR, DPRD : 10%
• Gubernur, Bupati, dan Walikota : 10%
• Camat dan Lurah : 5%
• Rakyat : 2.5%

Bersambung…….

Bogor, 15 Juli 2020
Prof. Eggi Sudjana Mastal
Advokat Senior/Ketum TPUA/Ketua Dewan Pendiri PPMI

About Post Author