26/09/2022

PPMI CENTRE – Official Website

Media Online / Informasi Persaudaraan Pekerja Muslim Indonesia

DPP PPMI siap Bersinergi dengan BP2MI, Berantas Sindikat Pengiriman Pekerja illegal

Terkait beberapa permasalahan Pekerja Migran Indonesia di Luar Negeri yang tidak pernah henti-hentinya terus terjadi melanda dunia ketenagakerjaan Kita. DPP PPMI menindaklanjuti beberapa pengaduan dari DPLN PPMI Taiwan dan Malaysia. Dewan Pengurus Pusat Persaudaraan Pekerja Muslim Indonesia (DPP PPMI) yang dipimpin oleh Presiden PPMI Daeng Wahidin mendatangi Kantor Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) siang tadi (23/07/20).

BP2MI bernama Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI), yakni lembaga pemerintah nondepartemen yang berfungsi melaksanakan kebijakan di bidang penempatan dan perlindungan tenaga kerja Indonesia (TKI) di luar negeri secara terkoordinasi dan terintegrasi. Istilah TKI kini diubah menjadi Pekerja Migran Indonesia (PMI).

“Praktik para mafia pekerja migran tidak akan ditoleransi. Eksploitasi manusia yang terjadi selama beberapa dekade terakhir ini akan kita hentikan. Saat ini adalah momentum untuk melenyapkan semua praktik kotor itu. Ini bisnis kotor yang harus dihadapi bersama dan saya mohon dukungan dari rekan-rekan DPP PPMI (Persaudaraan Pekerja Muslim Indonesia),” ujar Benny Rhamdani, Kepala Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) dalam pertemuannya denga Presiden PPMI Daeng Wahidin di ruang kerjanya di daerah Pancoran Jakarta Selatan

DPP PPMI mengadukan kepada BP2MI beberapa PJTKI yang bermasalah antara lain PJTKI PT. DERMA KERTA RAHARJA yang berdomisili di Cirebon, PJTKI PT. CITRA PUTRA INDARAB yang berdomisili di Kota Bekasi dan Agency – Agency lainnya di Taiwan karena sebelumnya DPP PPMI juga telah melaporkan kejadian ini ke DIRJEN BINAPENTA & PKK, Direktorat Penempatan Dan Perlindungan Tenaga Kerja Luar Negeri Kementerian Tenaga Kerja RI dan Direktorat Perlindungan Warga Negara Indonesia Dan Bantuan Hukum Indonesia. Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia, TETO (KDEI) serta ke Bareskrim Mabes Polri.

Alhamdulillah semua Instansi terkait siap bersinergi dengan DPLN/DPP PPMI dalam menangani permasalahan Pekerja Migran Indonesia. DPP PPMI siap bersinergi dengan BP2MI untuk memberantas praktek-praktek kotor dari mafia-mafia Sindikat Pengiriman pekerja migran Illegal, dan kami pastikan siap mendukung program yang mulia Kepala BP2MI dengan Solidaritas, totalitas dan kapasitas yang kami miliki, selain itu tadi juga kami membicarakan juga terkait pemulangan ribuan pekerja migran Indonesia di Malaysia yang perlu segera ditangani bersama-sama antara BP2MI dengan DPP PPMI melalui perwakilan DPLN PPMI Malaysia, kami siap bersinergi dengan BP2MI, tegas Daeng Wahidin Presiden PPMI Periode 2017 – 2022.

Selain itu Presiden PPMI Daeng Wahidin juga sangat mengapresiasi tindakan tegas yang dilakukan Kepala BP2MI Benny Rhamdani yang telah melakukan tiga kali (3X) aksi grebek PJTKI Ilegal, kami acungi jempol buat kinerja Kepala BP2MI saat ini yang berani mengambil langkah-langkah tegas yang luar biasa, agar ada efek jera bagi para jaringan sindikat pengiriman PMI ilegal yang melibatkan banyak pihak yang kemudian dibuatkan Laporan Polisi. Kita semua tentu menginginkan hukum bekerja agar dapat menimbulkan efek jera bagi siapapun yang terlibat dalam sindikat pengiriman pekerja illegal, Ujarnya kepada Pimred PPMI Media Center.

About Post Author