25/09/2022

PPMI CENTRE – Official Website

Media Online / Informasi Persaudaraan Pekerja Muslim Indonesia

Dokumen Pribadi Renita dan Saniyem, yang disandera PJTKI akhirnya Dikembalikan kepada PPMI

Setelah berjibaku selama satu minggu mencari alamat kantor PJTKI PT. ALAM PERMAI INDONESIA, yang dipimpin Sdr. RIAN CON yang beralamat di GG. Masjid No.90 RT02/RW03 KP. Cinyosok, Kel. Burangkeng, Kec. Setu, Kab. Bekasi – Jawa Barat Kode Pos 17320 ; akhirnya ditemukan oleh Tim Eksekusi PPMI yang dipimpin Oleh Panglima Laskar PPMI Kab. Bogor Sdr. Dana Jaya yang didampingi oleh Wakil Panglima Sdr. Jimmy yang mendapatkan tugas khusus dari DPP PPMI.

Permasalahan awalnya adalah ketika Dokumen Pribadi (E.KTP, KK dan Akta Kelahiran) atas nama Renita Wibowo disimpan selama kurang lebih 5 Tahun oleh Perusahaan PJTKI PT. API dan sudah berkali-kali keluarga yang bersangkutan mendatangi atau menghubungi manajemen PJTKI tersebut agar Dokumen Pribadi tersebut dikembalikan karena sudah tidak ada lagi sangkut paut dengan PT. API, namun selalu saja tidak menemui hasil.
Akhirnya Renita Wibowo membuat pengaduan atas nama DPLN PPMI Taiwan kepada DPP PPMI dan LBH PPMI sebagai penerima Kuasa, meneruskan pengaduan tersebut ke seluruh Instansi terkait termasuk membuat pengaduan ke Mabes Polri.

Selama dua minggu proses pengaduan ini ditangani oleh LBH PPMI akhirnya dapat dieksekusi oleh Bang Dana Jaya Cs di Kantor PT.PJTKI tersebut pada hari rabu 16 September 2020 sekitar Pukul 13.30 WIB, seluruh Dokumen Asli Pribadi Sdr. Renita Wibowo berupa E.KTP, KK dan Akte Kelahiran akhirnya diserahkan tanpa syarat oleh Rian Con pimpinan PJTKI PT.API kepada Bang Dana Jaya Ketua Tim Eksekusi PPMI yang mendatangi Kantor PT. API, Dokumen Pribadi tersebut akan segera dikirimkan ke alamat keluarga Renita Wibowo oleh LBH PPMI, sampai berita ini diturunkan keluarga besar Renita Wibowo masih bersuka cita dan penuh haru atas berita gembira ini dari PPMI Media Center.

Ditempat terpisah tepatnya di ruang UPT Pelayanan dan Perlindungan Tenaga Kerja, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Jawa Timur, sejak pagi hari (17/09/2020) setelah sholat subuh Mustofa anak dari Bu Saniyem yang tiba dari Banyuwangi menuju Surabaya, sudah menunggu panggilan dari Disnaker Prov Jawa Timur untuk serah terima Dokumen Pribadi Ibu Kandungnya (Saniyem) dari Perusahaan PJTKI PT. Sodo Sakti Jaya yang telah menyandera Dokumen pribadinya Berupa E.Ktp, KK, Akte Kelahiran dan Surat Nikah, selama kurang lebih hampir 10 Tahun lebih.

bPK. Mustofa anak kedua dari Saniyem yang ditemani oleh adik kandungnya jauh-jauh datang kesurabaya untuk mewakili ibunya dalam serah terima dokumen ini, selain itu juga keluarga Saniyem didampingi oleh Pejabat Kadisnaker Prov. Jawa Timur, Sekjend DPP PPMI Drs. Zulkhair, MM dan Ketua Umum DPW PPMI Jawa Timur Ibu Dwi Heriyanti,S.H.,M.H yang juga merangkap sebagai Ketua Bidang Advokasi DPP PPMI menerima dokumen tersebut dari Pimpinan Perusahaan.

Tentunya hal ini tidak dapat dibiarkan dan menjadi tugas semua pihak, kenapa PPMI ngotot dan memperselisihkan secara hokum terkait Penyanderaan Dokumen Pribadi Pekerja Migran Indonesia ini, karena patut diduga jika PMI tersebut mengambil saat pulang ke Indonesia, PMI tersebut akan dikenakan biaya administrasi sekitar 5 – 10 juta per-orang. Praktek-praktek kotor seperti ini harus dihentikan demi menjaga harkat dan amrtabat Pekerja Migran Indonesia, adapun terkait kasus lainnya akan kami rapatkan dulu dengan LBH PPMI di Jakarta, jelas Dwi Heriyanti Ketua Umum DPW PPMI Jawa Timur.

Saat dikonfirmasi Video Call oleh PPMI Media Center, Saniyem Tidak dapat menyembunyikan rasa harunya, sambil terisak menahan haru tidak menyangka akhirnya atas bantuan ALloh SWT melalui Serikat Pekerja PPMI (Persaudaraan Pekerja Muslim Indonesia) akhirnya dokumen pribadi saya yang banyak dibutuhkan untuk keperluan pengurusan sekolah dan administrasi keluarga lainnya, akhirnya bisa kami dapatkan lagi, bertahun-tahun saya menunggu dan terus berdo’a kepada Allah SWT agar dapat jalan keluar dari maslaah ini, mungkin jalan dari Alloh saya dipertemukan dengan PPMI, Alhamdulillahi rabbil alamin ya Allah melalui PPMI dokumen keluargaku akhirnya dapat dikembalikan oleh PJTKI, Kami juga ucapkan terima kasih atas bantuan semua pihak yaitu rekan-rekan yang terus mensupport kami di DPLN PPMI TAIWAN, KDEI, BP2MI, MABES POLRI, POLDA JATIM, KEMENAKERTRANS, KEMENLU RI, KOMNASHAM dan semua pihak yang tidak dapat kami sebutkan satu persatu membantu serta mendoakan persoalan kami ini cepat selesai.. Alhamdulillah ya Alloh, kata Saniyem sambil mengusap air mata harunya

About Post Author