27/09/2022

PPMI CENTRE – Konfederasi Serikat Buruh Merdeka

Berani, Jujur, Amanah, Alloh Ridho

Penerapan Protokol Kesehatan Saat Berkendara Saja, Apakah Cukup?

Oleh:
Ranti
Ibu Rumah Tangga

Senin 20 September 2020 dalam rangka meresmikan Ruang Pelayanan Laka Lantas 96 Satlantas Polresta Bandung, Satlantas Polresta Bandung mengapresiasi pengendara kendaraan bermotor di wilayah Kabupaten Bandung yang sudah semakin sadar menerapkan protokol kesehatan dalam berkendaran, dan juga tingkat kesadaran masyarakat menerapkan protokol kesehatan sudah mencapai 90% yang artinya masyarakat di Kabupaten Bandung sudah sangat patuh terhadap imbauan penerapan protokol kesehatan ditengah pandemi.

Satlantas Polresta Bandung setiap harinya membagikan 1500 buah masker bagi para pengendara dan pengguna jalan di Kabupaten Bandung sata melakukan operasi Yustisi. Setidaknya selama seminggu Satlantas Polresta Bandung sudah membagikan 1000 buah masker ke masyarakat.
Pembagian masker ini salah satu kewajiban dan tugas kami untuk melindungi masyarakat dari tertularnya Covid-19. Apalagi ini juga tugas kami Satlantas untuk menertibkan masyarakat yang tidak patuh untuk menerapkan protokol kesehatan. Dan tak hanya pengendara motor saja yang di awasi bagi pengendara mobil juga tetap harus menggunakan masker meski tak mengangkut penumpang Sebab penggunaan masker sudah menjadi aturan wajib bagi masyarakat di masa pandemi Covid-19.
Dengan adanya kegiatan ini menunjukkan bahwa pentingnya penggunaan masker dan bisa dibilang saat pandemi seperti ini masker sangat wajib untuk digunakan dimanapun dan kapanpun dengan kata lain pemakaian masker sudah menjadi gaya hidup dan jika melanggar atau tidak mengenakan masker saat beraktifitas diluar rumah akan mendapat sanksi atau teguran dari para petugas.
Selain itu untuk menekan potensi penularan Covid-19 di ranah Lalu Lintas, Satlantas Polresta Bandung juga telah membangun bangunan pelayanan Laka Lantas yang representatif dengan mengedepankan protokol kesehatan dan bangunan ini pun di buat bersekat sekat sehingga tetap bisa menjaga jarak antara penyidik dan pemeriksa Sehingga dalam hal peyanannnya meminimalisir penulaan Covid-19.

Tetapi apakah kegiatan tersebut sudah benar-benar menyadarkan masyarakat tentang pentingnya Pencegahan untuk melawan Covid-19 ini, ataukah masyarakat hanya takut terhadap segala sanksi yang akan didapat jika melanggar aturan protokol kesehatan, dan yang disayangkan masyarakat patuh juga melaksanakan setiap anjuran protokol kesehatan hanya saat diawasi oleh petugas saja, dan di saat para petugas tidak mengawasi masyarakat pun lengah kembali dalam menjalankan protokol kesehatan jadi artinya belum sepenuhnya masyarakat benar benar sadar akan pentingnya menjaga diri dari wabah ini.

Dan apakah kegiatan ini benar benar bisa menekan angka kenaikan korban yang terjangkit wabah virus corona ini, karena pada faktanya kenaikan angka korban Covid-19 ini setiap harinya masih saja banyak grafik nya terus menanjak belum pernah stabil ataupun menjadi landai, jika masyarakat hanya menerapkan protokol kesehatan saat berkendara saja rasanya tidak akan cukup untuk melawan virus corona yang cara penularannya itu sangat mudah.

Jadi selain menjaga protokol kesehatan saat berkendara saja alangkah baiknya jika pemerintah pun terus memantau kegiatan masyarakat saat beraktifitas sehari hari, karena pada saat menjalankan kehidupan sehari hari pun tak luput dari sasaran virus ini jika masyarakat tetap tidak menjalankan protokol kesehatan yang ada, seperti mencuci tangan sesering mungkin yang lebih penting juga menjaga jarak dan menjauhi kerumunan hal yang mungkin masih sulit dilakukan masyarakat karena terbiasanya hidup bersama sama dengan masyarakat lainnya, jadi penggunaan masker saat berkendara rasanya tak cukup untuk berhasil melawan wabah virus corona ini, harus ada kebijakan lain yang sepenuhnya mengawasi dan terus mengontrol masyarakat dalam berbagai aspek kehidupan masyarakat.

Disamping itu baiknya pemerintah menumbuhkan kesadaran masyarakat akan bahaya penyakit ini hingga mereka dengan kesadaran sendiri akan menjaga kesehatan dan sebisa mungkin untu stay at home, agar tidak tertular atau bahkan menularkan virus ini jika memang terjangkit. Penanganan yang tepat jelas tentu hanya bisa terlaksana ketika masyarakat mau menerapkan aturan Islam secara kaffah.
Wallau’alam bi Shawwab

About Post Author