25/09/2022

PPMI CENTRE – Official Website

Media Online / Informasi Persaudaraan Pekerja Muslim Indonesia

Sistem Rekruitmen Calon Kader aktifis mahasiswa dan ormas antara yang sehat dengan yang tidak sehat, antara yang waras dengan tidak waras by: Ibet

Seiring waktu berjalannya sistem pemerintahan dari masa ke masa, banyak mengundang kontroversi kebijakan antara pihak pemangku jabatan dengan masyarakat sipil. Hal demikian merupakan salasatu kewajaran dalam urusan berpolitik, bersosial, berposisi jabatan secara individu atau secara organisasi/berkomunitas, yang akan menjadi tidak wajar kemudian di saat individu atau komunitas, peran para manusia yang menjalankan sistemnya lahir sebagai aktor peran antagonis, bahkan manusia abu abu yang jauh dari sikap JUBEDIL (Jujur Benar Adil).


Ada hal yang butuh pemakluman dan tidak membutuhkan pemakluman. Karena jika manusia sudah di awali niat buruk dan bisa menghalalkan segala cara utk mencapai tujuannya, maka akan buruk pula kinerja serta hasil yang didapat, dan hal itu tidak membutuhkan pemakluman. Karena Sikap tidak Objektif dalam niat dan tujuan berpikir, tidak Sistematis dalam berproses, dan tanpa Toleran dalam menempatkan antara idealis dan realitas, itu akan menjadi bencana dalam sebuah pergerakkan. Sedangkan yang butuh di maklumi adalah salasatu sipat dan sikap manusia dalam berpolitik, bersosial, dan berkehidupan di dalam berorganisasi atau secara individu yang dibawa, yakni Khilaf.


Namun apakah ada yang khilaf dijalankan secara bersamaan/berjama’ah dalam berkomunitas???, Bukankah dalam berorganisasi itu segala keputusan didasari musyawarah???. Dan inilah sisi yang harus kita maklumi untuk manusia penjalan sistem yang tidak di dasari Iman Taqwa secara hakiki sesuai posisi dan kondisi. Yaitu di maklumi bahwa mereka memang sudah tidak waras berakal saat pertama muncul dan dimunculkan sebagai tokoh dalam sebuah pergerakan. Sedangkan khilaf itu merupakan sipat individu yang tidak disengaja dalam cara berpikir atau bertindak yang terdapat kesalah pahaman dalam menilai/berpendapat dan bertindak dengan di akhiri jiwa legowo untuk menyampaikan maaf atas kesalahannya. Lalu apa masih ada manusia demikian jaman sekarang yang penuh ambisi kekuasaan dan jabatan???, mungkin sekitar 1 dari semilyar manusia masih bisa ada.
Ok kita kembali pada permasalahan sesuai tema tulisan ini sobat !.


Rekruitment kader tidak harus praghmatis menghalalkan segala cara, Karena Menurut pendapat saya, Hanya ada 2 cara sebagai langkah yang harus dimiliki kita untuk menjadi manusia hebat sebagai individu yang memiliki sikap Jelas, Tegas, dan Cerdas dalam berorganisasi :
1). Tanamkan selalu keimanan dalam kehendak tujuan, serta Taqwa dalam menjalankan sistem dan approuch membangun emosional antar kader dan pengurus, yang bersandar pada Alquran dan Sunnah sebagai muslim yang bangga karena mayoritas pemeluk agama Islam di negara kita yang Rahmatan Lil Aalamiin. Secara OST- JUBEDIL. (Objektif, Sistematis dan Toleran. Jujur Benar dan Adil).
2). Tanamkan semangat jiwa kader militan sesuai identitas perjuangan. Untuk dapat menjunjung, menjaga, melindungi, merawat serta memberi yang terbaik untuk kemurnian tujuan nilai nilai dalam berkomunitas/berorganisasi dengan sikap BERANI DAN BERTAWAQAL ALALLOOH.
Karena kita berharap memiliki calon kader militan bukan kader abal abal atau bergaya ABS Asal Bapak Senang


Maka dari sanalah kita akan melihat sisi waras dan tidak warasnya, sehat dan tidak sehatnya sebuah organisasi yang di awali rekruitment calon kader, proses hingga hssil yang di dapat kan lebih nampak dan jelas terbukti di akhir kemudian. Biarkan segelintir kader militan mengguncang pergerakkan amar ma’ruf nahyi munkar, daripada segerombol kader sampah yang akan menghancurkan.
Teruslah semangat untuk tetap kreatif serta inovatif sebagai kader dan leader militan yang aktif menjunjung tinggi nilai perjuangan agama, bangsa dan negara !!!


Ok sobat semua, peranmu di nantikan dan dirindukan ALLOH SUBHANAHU WATA’ALA juga banyak orang di luar sana !!!TUNJUKKAN AKSI DAN JATI DIRIMU SEKARANG SEBAGAI PRIBADI MULIA UNTUK KELUARGA, AGAMA, BANGSA DAN NEGARA !!! JADILAH KADER YANG KUAT DAN HEBAT !!!
ALLOOHU AKBAR !!!

(Ibroh Penulisan, permasalahan krusial/klasik rekruitment calon kader okp Sang Hijau Hitam—Dinda Kom.HMI STISIP Kota Tasikmalaya)

#YakinUsahaSampai

#MahasiswaBersatu

#UmatBersatu

#RakyatMenuntut

#MosiTidakPercaya

#BatalkanOmnibuslaw

#JokowiMundur

KOTA TASIKMALAYA, Sabtu/24 Oktober 2020

About Post Author