25/09/2022

PPMI CENTRE – Official Website

Media Online / Informasi Persaudaraan Pekerja Muslim Indonesia

Tasbih dan TakhasusKU

By : Ummu Aisyah

Semesta bertajuk cinta Ilahi Rabbi
Desah angin membius jiwa
Dibalik kata penghuni alam raya
Selaras suaranya bersama para pemuda

Pekik lantang para pejuang Al-Quran
Menggema menggenggam relung jiwa
Berharap kepada Rabb semesta
Meridhakan Kalam-Nya terpatri dalam dada

Terkadang amarah menguasai para bidadaraKU
Pun tak ketinggalan amarah para bidadariKU
Namun, itulah perjuangan yang harus dilewati
Dalam setiap fase menjalani kehidupan

Lelah yang wajib Lillaah
Lelah yang wajib terarah
Lillah yang tak ada gundah
Lillah untuk raih segala berkah

Bersenandung setiap Kalam Ilahi
Nafas pejuang dalam setiap rintihan
Mengiba kepada penguasa alam raya
Amal berbuah keberhasilan nyata

Kamis 22 Oktober hingga Jumat 23 Oktober 2020, STPKU Rancaekek Bandung menggelar acara takhasus di Vila Bunda Cicalengka. Biasanya takhasus diadakan di sekolah. Namun, kali ini dilaksanakan di luar sekolah. Besar harapan dari kami, dengan suasana baru, udara masih bersih, mampu memompa semangat ananda dalam menghafal Al-Qur’an. Wabil khusus untuk ananda kelas 6 yang sedang mengejar target. Perjalanan dari sekolah ke lokasi lumayan tidak terlalu jauh. Walaupun demikian, disaat perjalanan memasuki lokasi, sontak para ananda membuka mata lebar-lebar. Masya Allah, itulah ungkapan pertama ketika melihat pemandangan indah yang Allah ciptakan.

Udara yang sejuk, nikmat untuk dihirup. Jauh berbeda dengan udara di tempat tinggal masing-masing. Alhamdulillah wasyukuriLlaah, Engkau masih memberikan kesempatan kepada kami, menarik nafas begitu lepas, melepaskan lelah dalam setiap perjalanan hidup yang dilewati. Semoga keberkahan meliputi seluruh santriKU yang hendak berjuang menghafalkan Al-Qur’an. Tiba di lokasi pukul 08.30 pagi, tanpa jeda acara pun dimulai, yaitu pembukaan disambung shalat dhuha dan sesi pertama takhasus. Sesi pertama dari pukul 09.45 – 11.00 dengan target muroja’ah 2 juz atau menghafal hafalan baru 1 halaman. Alhamdulillah sesi pertama terlewati, dilanjut qoilulah, shalat dzuhur dan makan siang.

Sesi ke 2 pun dilanjutkan pukul 13.00 – 14.30. Target hafalan 1 halaman atau 7 baris. Alhamdulillah sesi ke 2 terlewati. Di sambung istirahat sejenak dan shalat asyar. BarakaLlaahu fiik. Bada shalat asyar, tepatnya pukul 16.00 – 17.30 sesi ke 3 pun berjalan, dengan target setor ulang yang sesi 1 dan 2, kemudian menambah hafalan 3 baris. Walaupun ada sedikit gangguan. Karena peserta akhwat harus pindah tempat ditambah hujan cukup deras. Namun, walaupun demikian, alhamdulillah untuk akhwat di sesi ke 3 ini sesuai target. BarakaLlaahu fiik. Berlanjut ke sesi ke 4, pukul 18.40 – 19.20. Namun, karena kami kedatangan tamu dari Garut, yaitu Ambu Ela dan Abah Iwan, akhirnya sesi 4 diisi dengan perkenalan dan tausiyah dari beliau. Insya Allah mendapatkan ilmu dan semangat baru dari beliau.

Sebada perkenalan, berikutnya dilanjut shalat isya, makan malam, sedikit bercengkerama santai, pukul 20.30 semua wajib tidur, karena pukul 02.30 dini hari harus bangun untuk shalat tahajjud dan lanjut sesi ke 5. Target hafalannya 5 baris. Alhamdulillah terlampaui, ananda semangat walau terkantuk-kantuk. Dilanjut senam, mandi pagi, membereskan tempat dan sarapan. Setelah sarapan, lanjut sesi ke 6 pukul 07.30 – 09.00 dengan target 1 halaman. Walaupun target tidak tercapai, namun terlampaui, barakallaahu fiik. Dilanjutkan shalat dhuha dan makan, pukul 10.00 – 11.00 adalah sesi ke 7 dengan target hafalan 7 baris. Alhamdulillah.

Ayah bunda, pasti ikut merasakan lelah ananda, insya Allah ananda sedang berjuang untuk mempersembahkan mahkota kemuliaan untuk ayah bunda. Doa dan dorongan dari ayah bunda sangat dibutuhkan. Ayah bunda, kami berharap sesi ke 8 itu berjalan, akumulatif dari sesi 1 hingga 8, bada shalat jumat. Namun, karena tempat takhosus adalah tempat bermain, ananda tergoda juga untuk bermain, akhirnya sesi 8 diakhiri dengan bermain dan penutupan setelah shalat asyar. Insya Allah, hafalan yang diperjuangkan, akan kami pantau di sekolah hari senin tanggal 26 Oktober 2020. BarakaLlaahu shalih dan shalihah, semoga lelah antum berbuah berkah, bersyukur dengan capaian walaupun tidak sempurna, bersabar dengan lelah antum, semoga menjadi pelajaran hidup. Karena belajar sesungguhnya adalah kelak, ketika antum menjalaninya di tengah-tengah masyarakat dengan berbagai liku-likunya. Semangatttt anak-anakKU yang tangguh.

Nahnu uhibbukum fillah🥰🥰🥰

About Post Author