25/09/2022

PPMI CENTRE – Official Website

Media Online / Informasi Persaudaraan Pekerja Muslim Indonesia

KEBERSAMAAN ITU INDAH.

PPMI DPLN Malaysia | Organisasi adalah sekelompok orang (2 atau lebih) yang secara formal dipersatukan dalam suatu bingkai kerja sama untuk mencapai tujuan yang telah di tetapkan/ditargetkan. Suatu hal yang sangat menyenangkan memang menjadi anggota ormas bisa belajar banyak tentang berbagai hal yang baru termasuk dalam berorganisasi, berkecimpung dalam dunia yang satu ini bisa dikatakan senang-senang susah.


Kembali ke judul yang saya tulis arti kebersamaan dalam berorganisasi kata kebersamaan terasa sangat familiar di telinga kita. Khususnya bagi setiap individu yang berkecimpung dalam sebuah perhimpunan atau organisasi. Tapi terkadang kebanyakan dari individu masing-masing didalam kelompok tersebut tidak tahu atau melalaikan arti makna kebersamaan.
Mengapa rasa kebersamaan begitu penting dalam sebuah ormas, organisasi, ikatan, atau komunitas? Kata kebersamaan memiliki makna sebuah ikatan yang terbentuk karena asas kekeluargaan / persaudaraan.
 
Kebersamaan memiliki beberapa unsur yang harus di ciptakan dan dijaga oleh setiap individu yang bernaung di dalamnya.
Sehati dan sepikir ( satu visi )
Dalam sebuah organisasi akan terdapar ribuan bahkan ratusan yang memiliki pendapat yang berbeda. Satu kepala satu ide, seribu kepala seribu ide. Namun jika ingin membuat suatu kelompok yang kuat nan solid maka selayaknya kepentingan bersama lebih di prioritaskan dari kepentingan pribadi tinggalkan perbedaan dan galang rasa persamaan akan mengantar suatu organisasi ketitik kesuksesan dapat berjalan dengan lancar.
 
Tidak egois
Jika sifat ini ada dalam sebuah organisasi bisa dipastikan organisasi tersebut hanya punya program tapi tidak ada kegiatan alias jalan di tempat. Jika ingin memiliki organisasi yang solid maka wajib hukumnya untuk belajar menurunkan ego demi kepentingan bersama
 
Kerendahan hati
Organisasi akan memiliki anggota yang hegemoni (campuran). Kerendahan hati akan menghindarkan kita dari rasa benci, iri hati dan timbulnya kelompol yang terkotak kotak.
 
Kerelaan berkorban
Setiap individu dalam sebuah organisasi akan memiliki sumbangsih yang berbeda beda. Perbedaan sumbangsih jangan sampai membuat gesekan negatif yang bisa.merambat pada perpecahan.
Jika setiap individu dalam sebuag organisasi dapat memahami dan terus belajar untuk memenuhi kriteria unsur diatas maka lambat laun organisasi yang dikembangkan akan menjadi semakin kuat dan solid . Kesadaran diri untuk menjadi insan yang lebih baik dan bertumbuh akan sangat membantu proses perubahan.

Semoga apa yang terjadi sekarang ini sebagai pelajaran untuk kita semua dan kedepannya yang lebih baik, dengan rasa persaudaraan yang solit, dan tidak ada dusta di antara kita.

PPMI DPLN MALAYSIA Siap bekerjasama dengan semua oramas dengan rasa persaudaraan, beda pandangan tetapi satu tujuan untuk kepentingan bersama khususnya untuk migran Indonesia yang berada di Malaysia.

Kutipan wawancara Bpk ketum PPMI DPLN MALAYSIA

#ppmidplnmalaysia

#kitajagakita

#cerdasitupenting

#salamwaras

#terimakasihAOMI

About Post Author