04/10/2022

PPMI CENTRE – Konfederasi Serikat Buruh Merdeka

Berani, Jujur, Amanah, Alloh Ridho

Stop Union Busting dan Unfair Labor Practice di PT. Zinus Global Indonesia Karawang.

DPC PPMI Karawang | Hari ini Kamis 26 Nopember 2020 Kawasan Surya cipta di PT Zinus Global Indonesia adalah sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang produksi dan distribusi produk-produk Mattress atau bed.

Kami DPC PPMI , PPA PPMI se Kab. Karawang melakukan unjuk rasa aksi solidaritas di PPA PPMI PT. Zinus Global Indonesia. Ada upaya union busting terhadap kawan-kawan Pengurus PPA PPMI.

Perlindungan terhadap tindakan union busting diatur dalam Undang-undang Nomor 21 Tahun 2000 tentang Serikat Pekerja/Serikat Buruh khususnya pada Pasal 28 dan Pasal 43 ayat (1)UU 21/2000. Ketentuan pasal tersebut secara luas dipahami sebagai hukum mengenai Union Busting.

Pada dasarnya setiap pekerja berhak untuk membentuk serikat pekerja sebagaimana termaktub pada Pasal 104 ayat (1) Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan (“UU Ketenagakerjaan”) yaitu: Setiap pekerja/buruh berhak membentuk dan menjadi anggota serikat pekerja/serikat buruh. Kebebasan untuk membentuk, masuk atau tidak masuk menjadi anggota serikat pekerja/serikat buruh merupakan salah satu hak dasar pekerja/buruh.

Perwakilan PPMI akhirnya dipersilahkan oleh pihak manajemen dan sampai saat berita ini ditulis masih dalam proses negosiasi.

#StopUnionBusting

#StopUnfairLaborPractice

#PanjangUmurPersaudaraan

#MandiriMajuSejahteraAllohRidho

About Post Author