06/10/2022

PPMI CENTRE – Konfederasi Serikat Buruh Merdeka

Berani, Jujur, Amanah, Alloh Ridho

ARTI LOYALITAS DAN KEBERSAMAAN DALAM ORGANISASI PPMI DPLN MALAYSIA.


Arti Loyalitas Dan Kebersamaan Dalam Organisasi PPMI, (PERSAUDARAAN PEKERJA MUSLIM INDONESIA) DPLN MALAYSIA,
Loyalitas menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)  berasal dari kata dasar “loyal” yang berarti
 setia atau patuh

Loyalitas berarti mengikuti dengan patuh dan setia terhadap seseorang atau sistem peraturan

Seseorang akan disebut loyal atau memiliki loyalitas yang tinggi apabila mau mengikuti apa yang diperintahkan. Dalam konteks organisasi PPMI DPLN, loyalitas lebih dekat pada kesetiaan karena memang kata kesetiaan lebih tepat jika di padu-padankan dalam ruang lingkup positif organisasi PPMI DPLN.


Implementasi sendiri bisa diartikan sebagai pelaksanaan atau penerapan. Adanya pelaksanaan, aksi, tindakan atau mekanisme suatu sistem adalah wujud dari implementasi. Ungkapan mekanisme menjadikan bahwa implementasi bukan sekedar aktivitas. Tetapi suatu kegiatan yang terencana dan dilakukan secara sungguh-sungguh berdasarkan acuan norma tertentu untuk mencapai tujuan kegiatan.
 
Organisasi PPMI DPLN, merupakan sarana untuk sekumpulan individu PMI (Pekerja Migran Indonesia), yang memiliki kesamaan tujuan dan sasaran tertentu di bidang yang sesuai dengan kompetensi para anggotanya. Hal ini merupakan salah satu kebutuhan manusia untuk berinteraksi dan bersosialisasi dengan sesamanya. Dengan berorganisasi, setiap individu dapat belajar untuk mengutamakan kepentingan organisasi PPMI DPLN MALAYSIA, daripada kepentingan pribadi mereka sehingga proses pembentukan karakter dari lingkungan organisasi ini sangat mempengaruhi keputusan dan tindakan yang dilakukan oleh anggota PPMI DPLN MALAYSIA, dari suatu organisasi.
Sebaiknya pemimpin dalam suatu orgaisasi PPMI DPLN MALAYSIA, harus memiliki pandangan tentang makna loyalitas anggota PPMI DPLN MALAYSIA terhadap dirinya dan orgasisasi PPMI DPLN, Sebab pandangan tentang makna loyalitas tersebut sangat dipengaruhi oleh kararkter pribadi pemimpin dan gayanya dalam memimpin sebuah organisasi PPMI DPLN MALAYSIA. Setidaknya ada tiga karakter seorang peminpin yang memandang makna loyalitas terhadap dirinya diantaranya :
 
Komitmen individu terhadap kedudukan dan organisasinya secara umum
. Dengan komitmen ini seorang individu akan berusaha mengaktualisasikan dirinya untuk kepentingan bersama dalam suatu organisasi PPMI DPLN MALAYSIA melalui bentuk kesungguhan melaksanakan tugasnya dan bertanggung jawab penuh atas tugas tersebut. Sehingga secara umum tanpa harus mengoptimalkan diri terhadap pemimpinnya sesungguhnya dirinya telah menciptakan loyalitas komprehensif dalam organisasinya mencakup loyalitas terhadap pemimpinnya.
Komitmen individu terhadap kedudukan dan pemimpinnya.


Pada tataran ini loyalitas individu terpaku pada pakem-pakem pemimpinnya. Sehingga anggota akan terbatasi kreatifitasnya karena ada kemungkinan jika anggota melanggar pakem pemimpin, pemimpin menjadi tidak senang terhadapnya. Sehingga loyalitas terhadap pemimpin merupakan faktor utama dari pada tujuan organisasi secara umumnya.
Komitmen individu terhadap pemimpinnya saja.

Dalam hal ini pemimpin tidak membutuhkan anggota yang mempunyai kapabilitas dibidangnya. Sehingga skill bukanlah hal utama yang dapat membuat pemimpin senang. Sebagai gantinya seorang pemimpin menilai loyalitas anggotanya pada sisi materi yang bisa didapatkannya.
 
Hal yang sangat penting dan fundamental di dalam sebuah organisasi PPMI DPLN MALAYSIA, adalah loyalitas dan kebersamaan dari setiap anggota PPMI DPLN MALAYSIA dan pimpinannya yang akan sangat menentukan kemajuan dan perkembangan organisasi mengingat adanya berbagai tantangan yang seringkali dialami oleh sebuah organisasi. Tanpa adanya loyalitas dan kebersamaan, maka sebuah organisasi tidak akan berjalan dengan baik bahkan terkadang tidak akan mampu bertahan apabila di dalamnya tidak diterapkan sikap loyal dan kebersamaan dengan baik
 
Jika setiap individu dalam organisasi PPMI DPLN MALAYSIA, memiliki kesetiaan / loyalitas terhadap organisasinya, maka ia akan merasa memiliki kesadaran akan kewajiban untuk menggunakan semua fasilitas, kemampuan serta sumber daya yang dimilikinya demi kemajuan organisasi PPMI DPLN MALAYSIA. Semua itu dapat terlihat dari para anggota organisasi yang selalu menaati peraturan atau kesepakatan yang telah ditentukan baik tertulis maupun lisan. Ia akan mendukung setiap program kerja organisasi yang telah dijalankan dan akan mengerjakan bagian nya dengan baik penuh dengan tanggung jawab. Tentunya terkadang memerlukan pengorbanan baik secara Materi maupun waktu yang seringkali tidak dapat diterima oleh mereka yang tidak memiliki kesetiaan atau loyalitas organisasi PPMI DPLN MALAYSIA.

Disamping loyalitas di dalam berorganisasi PPMI DPLN MALAYSIA, juga memerlukan sebuah kebersamaan ini dapat di artikan sebagai semangat kesatuan sehati, sepikir dan sepenanggungan dalam menjalankan aktivitas organisasi PPMI DPLN MALAYSIA. Akan tetapi terkadang di dalam melaksanakan program kerja sosial organisasi tidak semua anggota atau pengurus memiliki kesamaan sistem atau metode dalam mengerjakan bahagian nya sehingga hal ini kemajuan PPMI DPLN MALAYSIA dan perkembangan organisasi PPMI DPLN MALAYSIA menjadi terhambat. Keinginan keinginan untuk memanfaatkan keadaan dan fasilitas yang di miliki sebuah organisasi PPMI DPLN MALAYSIA merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi kinerja seseorang atau pengurus organisasi. Semua itu banyak di temukan di berbagai bidang pekerjaan sosial yang mengharuskan pimpinan organisasi untuk melakukan kegiatan pencegahan secara kooperatif sebagai berikut.

Sikap sikap positif seperti berjiwa besar, menghargai saran dan kritikan positif yang bersifat membangun dan berjiwa satria, sangat berperan penting pula di dalam diri masing-masing anggota dan pengurus untuk mewujudkan loyalitas dan kebersamaan di dalam organisasi PPMI DPLN MALAYSIA. Akhirnya mari kita bersama-sama membangun sifat loyalitas dan rasa kebersamaan yang baik untuk kemajuan organisasi PPMI DPLN MALAYSIA kita untuk kedepannya

Mandiri Allah Redha

Boboy Chaniago

Kutipan dari Ketua Umum PPMI DPLN MALAYSIA

Bersaudara Bangkit Bersama

#kitajagakita

#ppmidplnmalaysia

#bersamakitabisa

About Post Author