25/09/2022

PPMI CENTRE – Official Website

Media Online / Informasi Persaudaraan Pekerja Muslim Indonesia

VISI DAN MISI PPMI INDONESIA

Persaudaraan Pekerja Muslim Indonesia sebagai bagian dari umat Islam Indonesia yang menyadari hak dan kewajibannya, dituntut peran serta dan tanggung jawabnya dalam mengemban misi Islam untuk mewujudkan nilai-nilai aqidah, kemanusiaan yang berdasarkan fitrah, terbinanya ukhuwah Islamiyah, tumbuhnya masyarakat yang senantiasa berhikmah kebijaksanaan dalam musyawarah, serta tegaknya nilai-nilai kebenaran, keadilan dan kesejahteraan bagi masyarakat dalam rangka pengabdian kepada Allah SWT.

Meyakini bahwa tujuan itu dapat dicapai dengan Taufiq dan Hidayah Allah SWT, serta usaha-usaha yang terencana, teratur dan penuh hikmah dengan mengharap ridho Allah SWT dengan ini melaksanakan fungsi organisasi, dimana PPMI berfungsi sebagai :

  1. Fungsi Integrasi, yaitu berperan sebagai wadah pemersatu dan menggalang persaudaraan kaum pekerja Indonesia.
  2. Fungsi Edukasi, yaitu berperan untuk membina anggotanya agar memiliki kepribadian Islami, etos kerja yang tinggi amanah dan bersikap profesional disertai dengan pengetahuan dan ketrampilan memadai.
  3. Fungsi Mediasi, yaitu berperan sebagai penghubung , penengah dan wasit yang adil dalam penghadapi perselisihan antara pekerja dengan pemilik usaha. Sedangkan bagi pemilik usaha berfungsi untuk membina hubungan dengan pekerja secara jujur dan adil.
  4. Fungsi Advokasi, yaitu berperan membantu, melindungi hak-hak dan membela kepentingan serta menyalurkan aspirasi pekerja dalam bentuk advokasi kebijakan dan advokasi jalanan.
  5. Fungsi Artikulasi, yaitu berperan mengenalkan ide/konsep Islam yang berhubungan dengan para pekerja, memperjuangkan peningkatan syarat-syarat kerja, kesejahteraan dan perbaikan taraf hidup serta penghasilan yang layak bagi pekerja.
  6. Fungsi Informasi, yaitu berperan sebagai penyedia informasi, baik bagi para calon pekerja yang mencari pekerjaan, maupun dunia usaha dan pemerintah mengenai kondisi para pekerja Indonesia.
  7. Fungsi Aliansi, yaitu berperan dan senantiasa menjalin hubungan dengan lembaga terkait, organisasi sejenis dalam proses pengambilan keputusan politik ketenagakerjaan serta melakukan kontrol sosial terhadap pelaksanaannya dan membentuk aliansi strategis dengan kekuatan pekerja dalam maupun luar negeri.
  8. Fungsi Koorporasi, yaitu berperan membentuk lembaga usaha untuk meningkatkan kesejahteraan anggota.

Dalam rangka mengisi cita-cita proklamasi kemerdekaan Indonesia yaitu mewujudkan masyarakat adil dan makmur berdasarkan pancasila dan UUD 1945.
MAJULAH PPMI.. ALLOHU AKBAR..!!!

BOBOY CHANIAGO

About Post Author