29/09/2022

PPMI CENTRE – Konfederasi Serikat Buruh Merdeka

Berani, Jujur, Amanah, Alloh Ridho

ISLAM SOLUSI TUNTAS UNTUK MENGATASI DAMPAK COVID-19


OLEH : SUSI MARIAM MULYASARI, S.pdi

Pandemi Covid-19 masih berlangsung sampai saat ini. Korban berjatuhan sudah sangat banyak, bukan hanya itu keberlangsungan hidup masyarakat pun mulai terancam.

Bank dunia sebagai induk dari kebijakan seluruh Bank di dunia memberikan simulasi bahwa tidak kurang dari 8,5 juta penduduk Indonesia akan berpotensi untuk jatuh ke dalam kemiskinan.

Simulasi ini bukan tak beralasan memilihat kebijakan perlindungan sosial penanggulangan dampak Covid-19 banyak yang tak tepat sasaran, sehingga alokasi dana yang sudah di tetapkan tidak begitu signifikan di dalam menanggulangi dampak sosial dari pandemi yang selama ini berlangsung.

Pendataan keabsahan penerima bantuan pun masih jadi polemik, sebab banyak masyarakat yang membutuhkan tidak terdata. Alhasil kemiskinan masih merajalela bahkan sudah mengakibatkan korban berjatuhan.
Oleh karena itu simulasi yang diberikan oleh Bank dunia menjadi catatan penting pemerintah di dalam karut marutnya perpolitikan yang selama ini diselenggarakan.

Tuding menuding diantara pemerintah dan elit politik mulai dipertontonkan di dalam menyikapi pandemi ini, bahkan sudah bergeser menjadi alat kepentingan politik semata tatkala kasus pandemi digunakan untuk menikam lawan politik yang dianggap berbahaya.

Kasus HRS menjadi nyata, sikap represif pemerintah dituangkan ke dalam pemanfaatan kondisi pandemi sekarang, alhasil penguasa diktator pun sudah mulai di tujukan kepada pemerintah.

Sampai kapankah kondisi ini terjadi?
Sampai sistem demokrasi masih dipertahankan. Sistem demokrasi yang lahir di rahim ideologi kapitalisme lah yang bertanggungjawab di dalam menghasilkan penguasa yang tak pro terhadap kepentingan masyarakat.
Sudah saatnya masyarakat untuk diarahkan kedalam perjuangan perubahan dan perubahan yang bisa menghantarkan kepada kebaikan adalah perjuangan menegakkan sistem Islam.

Hanya Islamlah satu-satunya sistem yang mampu mengatasi krisis multidimensi seperti saat ini, sebab sistem Islam diciptakan oleh Allah Swt., dzat yang mencitpakan manusia beserta alam semesta ini.

Wallahu a’lam bishshawab

About Post Author