29/09/2022

PPMI CENTRE – Konfederasi Serikat Buruh Merdeka

Berani, Jujur, Amanah, Alloh Ridho

Harga Berbagai Kebutuhan Melonjak tajam, Kesejahteraan Hanya Sekedar Angan

Oleh Tiktik Maysaroh (ibu rumah tangga)

Musim tanam padi tahun ini para Petani di Kabupaten Bandung masih saja dipusingkan dengan mahal dan sulitnya pupuk bersubsidi. Namun meski pupuk mahal dan sulit, para Petani di Kabupaten Bandung tetap setia menanam padi karena tak ada lagi pekerjaan lain yang bisa dijadikan mata pencaharian. Disusul dengan mahalnya harga cabai rawit di sejumlah pasar tradisional saat ini masih tinggi. Seperti di Sentra Pertanian Lembang, Kabupaten Bandung, harga cabai kini mencapai Rp120.000 perkilogram. Kenaikan harga tersebut sudah terjadi sebelum Hari Raya Idul Adha. Menurut para petani, faktor yang menjadi penyebab mahalnya harga cabai adalah cuaca. Tanaman tidak tahan dengan hama patek pada musim pancaroba kali ini. Sehingga mengakibatkan batang dan daun tanaman kering serta buah cabai jadi busuk sebelum memasuki masa panen. Namun, meski di pasaran mengalami kenaikan, harga cabai di petani telah mengalami penurunan. Kenaikan harga yang terjadi tidak sebatas pada komoditas pangan saja. Namun, berimbas dengan Kenaikan harga elpiji non subsidi. Lonjakan harga berbagai kebutuhan pokok ini membuat para pelaku usaha rumah makan dan restoran di Kabupaten Bandung terpukul. Dan juga menyebabkan keuntungan para pengusaha restoran di Kabupaten Bandung menurun antara 25 persen hingga 35 persen, dan ancaman kerugian pun sudah didepan mata. Setelah kenaikan berbagai komoditas pangan dan juga gas. Menyusul kemudian, Perumda Air Minum Tirta Raharja Kabupaten Bandung yang berencana menaikan tarif layanan pada September 2022 mendatang. langkah penyesuaian tarif yang dilakukan pihaknya ini diambil dengan mengacu kepada berbagai pertimbangan. Salah satunya adalah meningkatmya nilai tukar rupiah terhadap dolar. Hal ini memang memicu kenaikan harga bahan baku pengolahan air bersih. Karena memang 80 persen bahan baku pengolahan air itu impor. Seperti biji besi, bahan-bahan kimia dan lainnya. Itulah sejumlah kenaikan harga yang telah dan akan berlaku. Dan seperti biasanya, jika terjadi kenaikan maka sulit untuk menurunkannya lagi.

Seakan menjadi kebiasaan yang lumrah terjadi tiap tahun. Rakyat pun terpaksa menerima. Tak kuasa menolak kebijakan yang sudah diketok palu. Kenaikan harga-harga ditengarai untuk menutup defisit negara dengan hutangnya yang menggunung. Sehingga rakyat harus menanggung derita akibat kebijakan yang diterapkan ini. Penguasa dan pengusaha tak ubahnya penjual dan pembeli dalam bisnis. Aset-aset negara diperjualbelikan dengan mudah atas nama investasi dan utang. Kekayaan alam dikuasai asing, sementara rakyat jelata menjadi tumbal kerakusan mereka, tak ubahnya sapi perah yang senantiasa diperas tanpa daya dan upaya. Hidup dibawah sistem kapitalisme, menjadikan kesejahteraan sekedar angan belaka disebabkan salah kelolanya penguasa.

Dalam Islam, negara adalah khodimatul ummat (pelayannya umat). Ia ada untuk mengurusi kepentingan rakyat serta memenuhi hajat hidup rakyat. Kebutuhan dasar seperti sandang, pangan, papan, pendidikan, kesehatan, dan keamanan wajib dipenuhi negara. Negara tidak hanya mengejar profit untuk kepentingan pribadi. Negara dalam Islam hadir untuk mewujudkan kemaslahatan dan kesejahteraan bagi rakyat. Andaikata negara membuka peluang investasi, maka hal ini juga memperhatikan dan memperhitungkan baik buruknya bagi rakyat dan negara sendiri. Tidak asal membuka kran investasi yang justru merugikan negara dan rakyatnya. Islam sangat memperhatikan kesejahteraan hidup masyarakat dan berorientasi melayani rakyat secara maksimalis. Islam mengejar profit ukhrawi dan bukan mengejar profit duniawi, Islam mengatur kepemilikan secara imbang. Sungguh, Islam adalah solusi sebab hanya bersandar kepada syari’at serta maslahat bersama yang akan mewujudkan kesejahteraan bagi setiap manusia. Lantas masihkan kita mau bertahan dengan sistem kapitalisme yang jelas merusak tatanan kehidupan masyarakat saat ini?
Akhir kata semoga sistem Islam segera diterapkan dan ditegakkan disetiap lini kehidupan.
wallahu’alam bisshawab

About Post Author