26/09/2022

PPMI CENTRE – Official Website

Media Online / Informasi Persaudaraan Pekerja Muslim Indonesia

Tawuran Berulang – Hanya Islam Solusinya

Oleh : Siti Saadah ( Ibu Rumah Tangga)

Tawuran pelajar merupakan sebuah perilaku menyimpang yang masih kerap terjadi sampai saat ini. Dalam bentuk perkelahian secara berkelompok atau beramai-ramai.

Baru-baru juga terjadi tawuran pelajar antar dua kelompok sekolah. Jajaran Kepolisian langsung melakukan penyelidikan dan berhasil mengungkap motif terjadinya tawuran. Diketahui, dua kelompok pelajar yang tawuran tersebut berasal dari dua Sekolah Menengah Atas (SMA), yakni SMK 2 Pasundan Banjaran dan SMK N 3 Baleendah, Kabupaten Bandung.

Motif dari kejadian tersebut berawal adanya postingan yang beredar di lingkungan sekolah SMK 2 Pasundan Banjaran.Semacam ada ejekan, maka dari itu para pelajar dari SMK 2 Pasundan Banjaran ingin mencari tau kebenarannya dan mendatangi ke wilayah Baleendah.

Guna mengantisipasi terjadi kembali keributan antar pelajar,maka Mapolsek Baleendah langsung memanggil Kepala Sekolah masing-masing serta para pelajar yang terlibat tawuran. Dilanjutkan, langkah mediasi secepatnya dilakukan untuk memberi efek jera kepada para pelajar yang terlibat tawuran. Dan para pelajar yang terlibat tawuran mendapatkan pembinaan di masing-masing sekolah.

Tawuran menjadi suatu kebiasaan dan trend di kalangan anak sekolah. Tanpa melihat dirinya masih berstatus pelajar dan masih memakai seragam sekolah, aksi tawuran ini sering dilakukan setelah jam pelajaran selesai (pulang sekolah).(Jurnal Soreang. Com)

Tawuran bisa terjadi karena pengaruh lingkungan, termasuk didalamnya media yang menyuguhkan pemberitaan-pemberitaan perlakuan anarkis yang kemudian mereka tonton hampir setiap hari, tontonan ini dapat berupa demonstrasi anarkis yang terkadang sampai merusak dan baku hantam dengan petugas keamanan. Perbuatan-perbuatan ini lah yang kemudian secara tidak langsung memberikan dampak negatif pada anak-anak usia sekolah.

Selain itu peran serta orang tua dalam lingkup keluarga jelas merupakan faktor yang sangat mutlak diperlukan bagi tumbuh kembangnya anak. Anak yang dibimbing dengan baik biasanya memiliki rasa tanggung jawab tinggi terhadap diri sendiri dan keluarga. Mendidik anak merupakan suatu tantangan yang tidak mudah bagi setiap orang tua. Dimana orang tua harus mendampingi perkembangan anak dari masa ke masa.

Indonesia yang mayoritas  penduduknya muslim tapi sayangnya islam hanya dianggap sebagai agama ritual semata sehingga tidak ada dampak dalam kehidupan nyata. Islam adalah agama yang mempunyai aturan dalam segala aspek tak terkecuali masalah tawuran. Penyebab tawuran yang terjadi dikarenakan hilangnya control keluarga, masyarakat, dan negara dalam membina remaja. Dengan islam bisa mengembalikan control keluarga, masyarakat, dan negara.

Islam sebagai agama yang sempurna, agama yang mampu memberikan solusi untuk kenakalan remaja. Remaja yang saat ini berada dalam cengkraman kapitalisme, liberalisme, dan imperialisme membuat hidup para remaja menjadi terpuruk.

Dengan menjalankan syariat islam secara kaffah bukan hanya penyelamatan nyawa remaja atau menghentikan aksi tawuran saja tetapi, yang paling penting adanya rahmat lil alamin dan keselamatan funia akhirat. Dengan islam, remaja akan diarahkan ke arah yang positif, dengan adanya perubahan pola pikir, mental dan pemahaman untuk kebaikan para remaja agar menjadi generasi terbaik.
Wallahu a’lam

About Post Author