26/09/2022

PPMI CENTRE – Official Website

Media Online / Informasi Persaudaraan Pekerja Muslim Indonesia

Usulan Kewenangan SMA Kembali ke Daerah

Oleh Sri mulyani awaliyah (aktivis muslimah)

Bupati Bandung Dadang Supriatna terus berupaya meningkatkan angka Rata-rata Lama Sekolah (RLS) dan Harapan Lama Sekolah (HLS) Kabupaten Bandung.
Dadang mengusulkan agar kewenangan pengelolaan SMA dikembalikan pada Pemerintah Kabupaten/kota melalui Audiensi bersama Dewan Pembina Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) dan Yayasan Adi Luhung Nusantara. Dadang juga menyampaikan tahun 2023 mendatang pihaknya menargetkan angka RLS Kabupaten Bandung meningkat menjadi 10 tahun. Bupati juga menyampaikan sejumlah upaya dalam mendorong terpenuhinya akses pendidikan di kabupaten Bandung yakni dengan rencana pembangunan 28 SMP dan 22 SMA.(bandungberita.com)

Usulan bupati tersebut adalah potret nyata kegagalan kapitalisme dalam meriayah kebutuhan umat dalam menjamin terpenuhinya pelayanan pendidikan. Seharusnya pemerintah mampu memfasilitasi sarana pendidikan dengan merata disetiap daerah sesuai dengan kondisi daerahnya, sehingga anak usia sekolah bisa menempuh pendidikan dengan mudah .
Kebijakan pemerintah yang ditempuh tidak simpel, dan tidak memudahkan anak didik dalam meraih bangku sekolah.

Berbeda dengan sistem kapitalis, di dalam sistem Islam pendidikan diatur oleh pemerintah dengan aturan yang memudahkan tidak dipersulit. Karena di dalam Islam pendidikan, kesehatan, keamanan menjadi prioritas negara dalam melayani umat selain kebutuhan dasar seperti sandang, pangan papan. Pendidikan dalam Islam biayanya gratis bersumber dari dana Baitul mal.

Dalam sistem Islam ketika anak usia dini diberikan pondasi dengan pemahaman akidah Islam sampai anak memahami betul makna hidup serta menjadikan syariat Islam sebagai landasan aktivitas dalam kehidupan sehari-hari.

Ketika usia remaja baru diberikan ilmu terapan seperti ilmu pengetahuan, sains dan lain lain sesuai kecenderungan bakat dan minat anak supaya berhasil dibidangnya.

Jadi ketika dewasa nanti sudah memiliki benteng dalam menghadapi kehidupan dan mampu menjadi pribadi yang cerdas dan beradab, mahir masalah dunia dan ahli dalam bidang agama.

Dengan pendidikan seperti itu mampu mencetak generasi umat yang berkualitas. Ini bisa terjadi jika sistem Islam diterapkan dalam bingkai Daulah Islam. Tanpa Daulah Islam sistem pendidikan terbaik tidak akan hadir di depan kita.

Wallahu alam bishawab

About Post Author