06/10/2022

PPMI CENTRE – Konfederasi Serikat Buruh Merdeka

Berani, Jujur, Amanah, Alloh Ridho

Kesejahteraan Perempuan hanya Terjamin dalam Islam

Hasni Surahman
(Aktivis Milenials Timur)

Sejak Taliban menguasai Afghanistan pada 15 Agustus 2021, perempuan di batasi pada beberapa sektor. Di antaranya pekerjaan pendidikan dan beraktivitas di luar ruangan pembatasan ini semakin menambah
krisis ekonomi di Afghanistan
(CNN Indonesia 12/8/22).

Pengekangan hak perempuan oleh pemerintahan Taliban, akan menimbulkan opini publik. Bahwa Islam dan syariatnya sangat membatasi gerak perempuan, padahal justru sebaliknya. Islam memberi panggung bagi perempuan untuk berkontribusi bagi kemajuan peradaban.

Memberi ruang bagi perempuan, dalam Islam jangan disalah tafsirkan dengan gerakan feminisme (kesetaraan gender). Islam memberi porsi bagi perempuan namun tetap memperhatikan tugas perempuan sebagai madrasatul ula dan ibu rumah tangga. Sedangkan pejuang feminisme berambisi memposisikan hak perempuan dan laki-laki sejajar, mengeksploitasi perempuan atas nama kebebasan HAM.

Menjadi ibu rumah, bukan berarti menjadikan aktivitas perempuan hanya berputar kisaran dapur, sumur dan kasur. Melainkan seorang ibu tetap mengasah potensinya (berdakwah lewat lisan maupun tulisan, pendidik, dan aktivitas produktif lainya). Begitu juga masalah pendidikan Islam memberi karpet merah bagi perempuan untuk mengenyam pendidikan setinggi-tingginya yang nantinya penerapan ilmunya untuk mencerdaskan generasi.

Juga masalah perempuan yang bekerja di luar rumah selama sang suami rida, dan selama sang istri tetap memerhatikan batasan yang di tetapkan syarak (batasan interaksi laki- laki perempuan). Ketika pun bekerja bertujuan untuk membantu ekonomi keluarganya di dalam Islam tidak ada larangan. Mengingat kita hidup di sistem kapitalisme yang tidak bisa mengandalkan ayah sebagai pencari nafkah saja, kehidupan yang mencekik mengharuskan perempuan juga ikut andil mencari nafkah.

Potret perempuan di Afghanistan hari ini tidak lain korban dari penerapan sistem hari ini (kapitalisme sekuler). Negara mereka dibombardir, dilumpuhkan ekonominya oleh para pemilik modal Amerika Serikat dan sekutunya. Akibatnya keterpurukan di berbagai bidang sangat kentara.

Hal ini sangat berbanding terbalik saat sistem Islam (Khilafah) diterapkan, pemerintahan akan menjalankan fungsi sebagai riayatul ummah yaitu penjamin semua kebutuhan rakyat.

Khilafah akan mewajibkan setiap laki-laki balig dan berakal serta mampu untuk menafkahi para perempuan dan orang-orang yang menjadi tanggungannya untuk memberi nafkah. Adalah kewajiban ayah memberikan makan dan pakaian pada para ibu dengan cara yang makruf dan atas ahli waris yang semisal. Dalam Surah Al-Baqarah ayat 233 “Kaum ibu hendaklah menyusuai anak-anak mereka selama dua tahun penuh, yaitu bagi yang ingin menyempurnakan penyusuan. Dan kewajiban ayah memberi makan dan pakaian kepada kaum ibu (istrinya) dengan cara yang baik dan benar. (Allah) tidak akan memberikan kadar beban kepada hambaNya kecuali dengan kadar kesanggupan (hamba tersebut),”

Negara khilafah akan memfasilitasi para suami untuk mendapatkan kemudahan mencari nafkah dan menindak mereka yang lalai dalam melaksanakan kewajibannya.
Lapangan pekerjaan dalam khilafah sangat banyak. Pasalnya khilafah memiliki kedaulatan penuh tanpa intervensi asing untuk mengelola kekayaan alam secara mandiri.Rasulullah saw. bersabda, “Umat muslim berserikat atas tiga hal yakni padang rumput, air, dan api.” (HR. Abu Dawud)

Negara khilafah mengambil porsi memenuhi kebutuhan dasar yakni pendidikan, kesehatan, dan keamanan. Sehingga pemasukan uang per keluarga hanya dialokasikan untuk memenuhi kebutuhan pangan, sandang, dan papan. Untuk pemenuhan kebutuhan dasar publik ini khilafah akan memenuhinya secara langsung yaitu khilafah akan menanggung kebutuhan secara mutlak pemenuhannya.

Jadi dalam Khilafah tidak akan ditemukan masyarakat yang kesulitan menjangkau akses kesehatan, pendidikan maupun keamanan termasuk perempuan. Mereka dengan mudah mendapatkan pelayanan publik dengan harga terjangkau bahkan gratis.

Walllahualam bissawwab.

About Post Author